Pemain Kriket Bacakan Buku Tentang Tradisi Hijab Dalam Islam di Acara Anak-anak BBC

N Zaid - Hijab 17/07/2023
Pemain kriket Skotlandia Abtaha Maqsood
Pemain kriket Skotlandia Abtaha Maqsood

Oase.id - Pemain kriket Skotlandia Abtaha Maqsood muncul di serial televisi anak-anak BBC. Ia membacakan buku tentang tradisi Islam mengenakan jilbab.

Pemain Birmingham Phoenix berusia 24 tahun itu adalah wanita Muslim berhijab pertama di Inggris yang bermain kriket internasional, The Mirror melaporkan.

Dia membaca “Jangan Sekarang, Noor!” oleh Farhana Islam dan Nabila Adani untuk episode CBeebies Bedtime Stories, yang ditayangkan pada hari Jumat, beberapa hari sebelum dimulainya Bulan Warisan Asia Selatan. Ceritanya tentang seorang gadis muda bernama Noor yang bertanya-tanya mengapa para wanita di keluarganya memakai jilbab.

“Ini menunjukkan mengapa hijab sangat penting bagi banyak wanita Muslim,” kata Maqsood.

“Ini semua tentang kerendahan hati dan (memiliki) identitas yang jelas bahwa Anda adalah seorang Muslim, dan (bangga) menjadi seorang Muslim. Itu adalah pesan yang sangat bagus dan manis untuk anak-anak.”

Tentang mengapa dia memilih cerita itu, Maqsood mengatakan kepada The Mirror bahwa itu adalah cara yang “sederhana dan jujur” untuk menggambarkan bagaimana rasanya mengenakan jilbab dan apa artinya bagi banyak wanita Muslim di luar sana.

“Sangat baik bagi anak-anak untuk mendapatkan jawaban yang sederhana - itu melakukannya dengan sangat baik dan dengan cara yang menghibur, jadi itu adalah buku yang benar-benar menarik bagi saya.”

Maqsood mengatakan kepada The Mirror bahwa cerita tersebut mencerminkan pengalamannya sendiri dalam Islam, saat dia mengenakan jilbab sejak usia muda dan merupakan wanita pertama yang melakukannya saat berkompetisi di The Hundred pada tahun 2021.

Maqsood, yang belajar menjadi dokter gigi, juga menjadi wanita Inggris keturunan Pakistan pertama yang bermain kriket internasional untuk Skotlandia.

“Tidak ada salahnya mengenakan hijab saat bermain kriket. Itu tidak menghalangi saya dan saya terus melakukannya, ”katanya.

“Ini tentang kerendahan hati dan memiliki rasa identitas yang nyata, untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa saya adalah siapa saya dan saya bangga menjadi Muslim. Saya pikir itu sangat penting. Saya pikir dengan bermain kriket dengan jilbab saya di stadion besar seperti Edgbaston (di mana Birmingham Phoenix bermain), itu adalah pesan yang sangat penting untuk mengatakan kepada orang-orang bahwa, 'Tidak masalah apa yang Anda kenakan, seperti apa penampilan Anda, Anda tetap bisa melakukannya. Apapun yang kamu mau. Anda bisa bermain di stadion besar dan mewujudkan impian Anda, atau melakukan hal lain yang Anda inginkan'."

“Ketika saya masih muda, saya tidak pernah benar-benar memiliki panutan (yang saya) dapat lihat mengenakan hijab dan bermain olahraga profesional pada level tinggi, (yang) dapat saya hormati dan berkata 'Saya ingin menjadi orang itu.' Saya hanya berharap bisa melakukan itu sedikit dan menginspirasi orang lain bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Anda bisa menjadi Muslim dan menjadi pemain kriket, atau pesepakbola, atau apa pun.”

Birmingham Phoenix menciptakan hijab sporty untuk Maqsood untuk memastikan dia nyaman memakainya selama pertandingan, The Mirror melaporkan.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus