4 Manfaat Wudu Sebelum Tidur, Salah Satunya Mengatasi Insomnia

Octri Amelia Suryani - Wudu Salat Nabi Muhammad Saw 16/09/2021
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Oase.id - Umat Islam biasanya melakukan wudu ketika ingin melaksanakan salat. Karena wudu adalah salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadas kecil. Tetapi bukan untuk itu saja, agama Islam juga menganjurkan umatnya berwudu sebelum tidur. Apa manfaatnya?

Hal ini  berkaca pada sabda Rasulullah ﷺ:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ ثُمَّ قُلْ اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ اللَّهُمَّ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ فَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ وَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَتَكَلَّمُ بِهِ قَالَ فَرَدَّدْتُهَا عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا بَلَغْتُ اللَّهُمَّ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ قُلْتُ وَرَسُولِكَ قَالَ لَا وَنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Artinya: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudulah seperti wudu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu dan ucapkanlah:

Allahumma aslamtu wajhii ilaika wa fawwadltu amrii ilaika wa alja`tu zhahrii ilaika raghbatan wa rahbatan ilaika laa malja`a wa laa manjaa illaa ilaika allahumma aamantu bikitaabikalladzii anzalta wannabiyyikalladzii arsalta

(Ya Allah, aku pasrahkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan perasaan senang dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksa-Mu melainkan kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan kepada Nabi-Mu yang Engkau utus)'.

"Jika kamu meninggal pada malammu itu, maka kamu dalam keadaan fitrah dan jadikanlah doa ini sebagai akhir kalimat yang kamu ucapkan." Al Bara' bin 'Azib berkata, "Maka aku ulang-ulang doa tersebut di hadapan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam hingga sampai pada kalimat: Allahumma aamantu bikitaabikalladzii anzalta (Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan), aku ucapkan: Wa Rasuulika (dan rasul-Mu), beliau bersabda: "Jangan, tetapi Wannabiyyikalladzii arsalta (dan kepada Nabi-Mu yang Engkau utus). (HR. Bukhari)

Hadis di atas mengajarkan kita tidur dalam keadaan suci, dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Selain itu, wudu juga memiliki banyak manfaat jika dikerjakan sebelum tidur.

Berikut manfaat wudu sebelum tidur:

1. Perasaan Tenang dan Nyaman

Salah satu manfaat wudu sebelum tidur adalah membuat perasaan kita menjadi lebih tenang dan nyaman. Seperti yang disebut dalam hadis di atas, bahwa mereka yang melaksanakan wudu sebelum tidur berada dalam keadaan suci. Oleh sebab itu, tidak ada rugi baginya jika dalam keadaan tidur didapati tidak bernyawa lagi. Na`uzubilahiminzalik!

Selain itu, air wudu juga dapat menenangkan otot-otot tubuh. Sehingga membuat tidur lebih berkualitas.

2. Wajah Berseri-seri

Selanjutnya wajah akan terlihat lebih berseri jika konsisten berwudu sebelum tidur. Setiap muslim yang terbiasa berwudu akan terlihat dari bekas tangan dan wajahnya.  Bahwa wajah orang yang terbiasa berwudu akan terlihat terang pada hari kiamat nanti.

Rasulullah ﷺ juga menyarankan untuk melebihi air wudu dari batas wudu yang diajarkan. Hal ini berguna pada hari kiamat nanti, agar anggota tubuh terlihat berseri-seri.

Dijelaskan dalam salah satu hadisnya: "Sesungguhnya umatku pada hari Kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah!" (HR. Ahmad)

3. Diampuni Dosa-dosanya

Manfaat wudu sebelum tidur adalah diampuni dosa-dosanya. Setiap muslim yang berwudu akan ditingkatkan derajatnya. Juga, diberikan kesabaran padanya ketika menghadapi situasi yang tidak disenangi.

Setiap muslim yang berwudu maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahannya. Selain itu, wudu sebelum tidur juga dapat meningkatkan derajat seseorang dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi.

Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah ﷺ bersabda:

"Maukah kalian aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?" Para sahabat menjawab, "Tentu, ya Rasul." Beliau melanjutkan, “Menyempurnakan wudu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak langkah ke masjid, dan menanti salat setelah salat. Itulah ribath." (HR. Muslim)

4. Mengatasi Insomnia

Selain tiga manfaat di atas, ternyata berwudu sebelum tidur merupakan salah satu obat insomnia. Karena dengan berwudu, otot tubuh akan menjadi rileks, terutama otot wajah. Air wudu juga dapat menyejukkan hati dan menghilangkan rasa cemas, serta malaikat senantiasa menemani tidur kita. Maka dari itu, hendaklah berwudu setiap sebelum tidur agar selalu dilindungi oleh Allah SWT.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus