Sisi Lain Kisah Penolakan Taif Terhadap Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam

N Zaid - Nabi Muhammad Saw 13/08/2022
Ilustrasi. Foto Saudi Gazette
Ilustrasi. Foto Saudi Gazette

Oase.id - Ketika Nabi Muhammad ﷺ memanggil orang-orang untuk masuk Islam di Mekah, dia ditentang oleh para pemimpin suku Quraisy. Nabi ﷺ diejek dan mereka yang masuk Islam dianiaya dan disiksa. Orang-orang Quraisy memboikot kaum Muslim selama tiga tahun, dan kaum Muslim menderita penyakit, kelaparan, dan kemiskinan. Pada tahun yang sama, Nabi Muhammad ﷺ kehilangan dua pendukung terkuat dan sumber kenyamanan, istrinya, Khadijah, dan pamannya, Abu Thalib.

Tanpa perlindungan pamannya, Abu Thalib, di Mekah, Nabi Muhammad ﷺ perlu menjangkau dan mencari dukungan di luar kota Mekah. Dia ﷺ ingin menyebarkan pesan kepada orang-orang Taif, dengan harapan bahwa mereka akan percaya dan menerima pesan Islam. Dia berjalan kaki dari Mekah ke Taif untuk mengajak orang-orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Amal  Al-Sibai dalam artikelnya di Saudi Gazette menulis bahwa Nabi Muhammad ﷺ bertemu dengan kepala suku besar di Taif, suku Thaqeef. Beliau ﷺ memberi tahu mereka tentang Islam, menyembah hanya satu Tuhan, dan meninggalkan penyembahan berhala. Mereka menolak pesannya dan menghinanya. Mereka tidak hanya menolak untuk mendengarkan pesannya, tetapi mereka juga melepaskan anak-anak suku mereka untuk melempari dia dengan batu dan mengusirnya dari kota mereka. Dengan orang-orang yang mengejeknya saat pergelangan kakinya berdarah, dia berlari keluar, mencari perlindungan di kebun kosong.

Sendirian, berdarah, dan ditolak, Beliau ﷺ beristirahat di atas batu dan berdoa kepada Allah. Dia ﷺ begitu penuh kasih dan penyayang, dia tidak meminta Allah untuk menghukum orang-orang Taif atau untuk membalas dendam terhadap mereka.

Doa yang Beliau ﷺ katakan di Taif harus dihafal oleh semua Muslim dan diulangi oleh kita setiap kali kita berada dalam situasi sulit atau telah dianiaya atau ketika bencana melanda.

"Ya Allah, kepada-Mu aku mengadukan kelemahanku, kekurangan daya upayaku di hadapan manusia. Wahai Tuhan Yang Maharahim, Engkaulah Tuhan orang-orang yang lemah dan Tuhan pelindungku. Kepada siapa hendak Engkau serahkan nasibku? Kepada orang jauhkah yang berwajah muram kepadaku atau kepada musuh yang akan menguasai diriku? Asalkan Engkau tidak murka kepadaku, aku tidak peduli sebab sungguh luas kenikmatan yang Engkau limpahkan kepadaku. Aku berlindung kepada nur wajah-Mu yang menyinari kegelapan dan karena itu yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat dari kemurkaan-Mu dan yang akan Engkau timpakan kepadaku. Kepada Engkaulah aku adukan halku sehingga Engkau ridha kepadaku. Dan, tiada daya upaya melainkan dengan kehendak-Mu."

Pada saat itu, Malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad ﷺ dan mengatakan kepadanya bahwa jika dia mau, Allah dapat memerintahkan seorang malaikat untuk meruntuhkan dua gunung yang mengelilingi penduduk Taif dan menghancurkannya.

Bagaimana reaksi Nabi Muhammad ﷺ terhadap orang-orang yang menghinanya dan melemparinya dengan batu? Dia (saw) memilih belas kasihan bukan kekerasan terhadap mereka. Dia tidak diliputi kemarahan atau kebencian. Alih-alih membalas dendam terhadap orang-orang Taif, dia berkata kepada Malaikat Jibril, “Saya lebih berharap bahwa Allah akan membangkitkan dari antara keturunan mereka orang-orang yang akan menyembah Allah Yang Esa, dan tidak akan menyekutukan-Nya.”

Taif  Saat Ini 
Saat ini Taif memiliki populasi 1.200.000 orang, mayoritas Muslim. Taif adalah ibu kota musim panas Arab Saudi, dan dikenal dengan anggur, delima, buah ara, mawar, dan madunya. Siapa pun yang tinggal di Arab Saudi suka mengunjungi Taif karena cuacanya yang lebih sejuk dan pemandangan pegunungannya yang indah.

Ketika membaca sejarah, peristiwa Taif seringkali hanya disinggung dengan konotasi negatif. Hal ini dapat dimengerti karena itu adalah salah satu insiden yang paling menyakitkan dalam masa hidup Nabi ﷺ. Tetapi sebenarnya ada kebaikan yang keluar darinya pada hari itu, dan pesan Islam tidak sepenuhnya diabaikan. Seseorang memang menerima pesan Islam pada waktu itu di Taif, tetapi dia tidak selalu disebutkan dalam buku-buku tentang kehidupan Nabi.

Ketika Nabi Muhammad ﷺ duduk di atas batu, mengangkat tangannya kepada Allah, dua pemilik kebun melihatnya dan mereka mengirim budak mereka dengan seikat anggur untuk diberikan kepada Nabi ﷺ .
Nama budak itu adalah Addas dan dia adalah seorang pemuda Kristen. Ketika Addas memberi Nabi ﷺ buah anggur, dia mendengar Nabi ﷺ berkata, “Dengan nama Allah,” sebelum dia makan. Addas terkejut dan penasaran karena dia tidak pernah mendengar orang mengatakan kata-kata seperti itu sebelumnya. Nabi ﷺ bertanya kepada Addas dari mana dia berasal dan Addas menjawab bahwa dia berasal dari Niniwe.
Nabi ﷺ berkata, "Tanah Yunus yang Adil, putra Matta."

Pemuda itu bingung karena pria ini, Muhammad ﷺ, tahu tentang Nabi Yunus. Setelah memberi tahu Nabi bahwa dia adalah seorang Kristen, Addas kemudian bertanya kepada Nabi ﷺ siapa dia dan bagaimana dia memiliki pengetahuan seperti itu.

Nabi ﷺ  berkata, “Yunus adalah saudaraku. Dia adalah seorang nabi dan aku adalah seorang nabi.”
Addas tercengang; dia tahu bahwa pria ini memang harus menjadi seorang nabi. Addas mencium kepala dan tangan Nabi ﷺ dan dia segera menerima Islam. Jadi, misi Nabi ﷺ ke Taif tidak sepenuhnya tidak membuahkan hasil. Seorang pria, Addas, dengan sepenuh hati memeluk Islam setelah bertemu dan berbicara dengan Nabi ﷺ.
Pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah jangan pernah meremehkan setiap usaha atau perbuatan baik. Bersabarlah dan lakukan bagian Anda. Bekerjalah dengan tulus dan lakukan apa yang Anda tahu benar, apa pun hasilnya, dan cepat atau lambat, hasilnya akan datang.
 


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus