Kisah Penaklukan Muslim atas Spanyol dan Penindasan Kaum Unitarian

N Zaid - Kisah Inspiratif 14/05/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Beberapa perang dalam sejarah Islam telah menentukan atau berpengaruh seperti penaklukan Muslim di Semenanjung Iberia pada tahun 710-an.

Oase.id - Pasukan kecil Muslim tiba di pantai selatan Iberia pada tahun 711 dan pada tahun 720, hampir seluruh semenanjung berada di bawah kendali Muslim. Beberapa orang suka membingkai penaklukan ini sebagai salah satu Muslim imperialistik dan agresif yang menaklukkan dan menaklukkan penduduk Kristen dengan teror dan kekuatan.

Namun, kebenarannya jauh dari itu. Ini adalah konflik yang sangat kompleks yang tidak dapat dengan mudah dibingkai dalam istilah “Islam vs. Kristen” atau “Timur vs. Barat”. Kisah invasi Muslim ke Spanyol adalah kisah tentang keadilan, kebebasan, dan toleransi beragama. Memahami kebenaran di balik invasi Muslim ke Iberia sangat penting untuk memahami sejarah pluralisme agama selanjutnya yang terlihat sepanjang sejarah Muslim Spanyol – al-Andalus.

Unitarian Kristen
Untuk memahami sepenuhnya konflik tersebut, kita harus kembali ke ratusan tahun sebelum kelahiran Nabi Muhammad ﷺ pada tahun 570. Kita harus memahami perpecahan penting dalam komunitas Kristen di tahun-tahun setelah Nabi Isa ('Isa).

Saat ini hampir semua orang Kristen percaya pada konsep yang disebut Trinitas, namun tidak selalu demikian. Tritunggal adalah kepercayaan bahwa Tuhan memiliki tiga bagian - Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Yesus digambarkan sebagai Anak Allah, dan dengan demikian bagian dari Allah sendiri. Keyakinan ini mulai muncul pada masa Paul, seorang misionaris yang memperkenalkan gagasan untuk membuat agama Kristen lebih populer di kalangan Kekaisaran Romawi yang politeistis pada tahun 40-60-an Masehi.

Inovasi baru dalam kepercayaan ini sangat mengganggu banyak orang yang mengikuti pesan sejati Yesus tentang monoteisme dan pengabdian kepada Tuhan. Segera muncul dua kelompok dalam Gereja Kristen mula-mula – mereka yang menerima Yesus sebagai Anak Allah (kelompok Tritunggal), dan mereka yang hanya menerimanya sebagai seorang nabi (Unitarian).

Bagi pemerintah Romawi, perbedaan antara kedua kelompok itu tidaklah penting. Baik Trinitarian maupun Unitarian ditindas pada dekade-dekade awal era Masehi. Itu semua berubah pada akhir 200-an dan awal 300-an, Masehi. Selama masa ini, seorang pengkhotbah Unitarian, Arius, mulai mengumpulkan banyak pengikut di antara orang-orang di Afrika Utara. Dia mengkhotbahkan Keesaan Tuhan, dan fakta bahwa Yesus adalah seorang nabi Tuhan, bukan anak-Nya. Karena itu, dia ditentang keras oleh para pendukung Tritunggal, yang menyerang dan mencoba meminggirkannya sebagai orang gila. Terlepas dari tentangan mereka, keyakinannya bertahan di negara asalnya Libya, dan di seluruh Afrika Utara.

Saat ini, Kaisar Romawi adalah seorang pria bernama Constantine. Dia paling dikenang karena transformasinya dari Kekaisaran Romawi yang menurun. Dia memindahkan ibu kota ke Konstantinopel (Istanbul modern), dan berhasil mengalahkan beberapa suku barbar yang menyerang Roma dari utara.

Ketika Konstantinus pindah ke Konstantinopel (yang dia beri nama menurut namanya sendiri), dia menjadi sadar akan Gereja Kristen Tritunggal, yang memberi tahu dia bahwa jika dia masuk Kristen, semua dosanya sebelumnya dapat diampuni. Setelah melakukannya, dia menyadari bahwa dia dapat menggunakan Gereja Kristen untuk memperkuat dirinya secara politik. Karena itu, dia mulai mempromosikan pandangan Tritunggal tentang Kekristenan, dan dengan keras menindas kaum Unitarian, seperti Arius. Selama masa ini, Konsili Nicea diadakan pada tahun 325. Tujuannya adalah untuk memutuskan apakah Yesus adalah anak Allah atau bukan.

Secara alami, kesimpulan Konsili adalah bahwa Yesus adalah bagian dari Tuhan dan putra-Nya, dan siapa pun yang menyangkal hal ini harus dikucilkan dari Gereja Kristen. Kaum Unitarian, yang saat ini merupakan mayoritas penduduk yang kuat di Afrika Utara dan Semenanjung Iberia, dengan demikian secara resmi dilarang dan dipaksa mempraktikkan kepercayaan mereka secara sembunyi-sembunyi. Constantine bahkan memerintahkan agar semua dokumen Unitarian dibakar dan Arius sendiri diasingkan.

Masuknya Islam ke Spanyol
Penindasan kaum Unitarian ini berlanjut hingga tahun 600-an, ketika kekuatan baru, Islam, dikenal di Jazirah Arab. Ketika tentara Muslim mulai muncul di pinggiran Kekaisaran Romawi, kaum Unitarian Afrika Utara menyadari bahwa mereka memiliki banyak kesamaan dengan agama baru ini. Keduanya percaya pada Keesaan Tuhan. Keduanya percaya bahwa Yesus adalah seorang nabi. Keduanya percaya bahwa sikap Tritunggal resmi Gereja adalah inovasi yang harus ditentang. Dengan demikian, mereka menyadari bahwa Islam hanyalah kesimpulan dari ajaran asli Yesus, dan sebagian besar Afrika Utara masuk Islam pada tahun 600-an.

Kerajaan Islam baru, yang dijalankan oleh Dinasti Umayyah dari 661-750, membentang dari Samudra Atlantik di barat hingga perbatasan India di timur, kurang dari 100 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad ﷺ. Kisah-kisah tentang keadilan dan keadilan yang diperintah oleh umat Islam dengan cepat menyebar ke luar perbatasan Muslim, khususnya ke Semenanjung Iberia.

Pada awal 700-an, Iberia dikendalikan oleh raja Visigoth, Roderic, yang dipandang sebagai tiran oleh rakyatnya. Dia melanjutkan kebijakan Romawi tentang Tritunggal, dan berusaha memaksakan keyakinannya pada rakyat, yang sebagian besar adalah Unitarian. Sejarawan Muslim, seperti Ibn Khaldun, menceritakan legenda seorang bangsawan Iberia yang berbasis di Afrika Utara, Julian, yang mendatangi salah satu pemimpin militer Muslim di Afrika Utara, Tariq ibn Ziyad, dan meminta bantuan untuk menggulingkan Roderic. Selain menjadi tiran yang menindas, Roderic telah menculik dan memperkosa putri Julian.

Jadi, pada tahun 711, Tariq memimpin beberapa ribu pasukan ke pantai selatan Semenanjung Iberia. Setelah beberapa pertempuran kecil, dia bertemu dengan sebagian besar pasukan Roderic di Pertempuran Guadalete pada tanggal 19 Juli 711. Hasilnya adalah kemenangan yang menentukan bagi Tariq, dan kematian Roderic. Dengan hilangnya ancaman Visigoth, pasukan Muslim mampu menaklukkan sisa semenanjung dalam 7 tahun berikutnya.

Unitarian dan Muslim
Kisah yang dijelaskan di atas tentang bagaimana umat Islam berhasil menaklukkan Spanyol tampaknya sangat sederhana dan sangat tidak mungkin. Beberapa ribu tentara hampir tidak dapat berharap untuk menaklukkan dan seluruh negara seluas 582.000 km2 hanya dalam 7 tahun. Namun, dengan mempertimbangkan kehadiran Unitarian, itu jauh lebih masuk akal.

Ketika umat Islam tiba di Iberia pada tahun 711, kaum Unitarian dengan senang hati membantu saudara-saudara mereka dalam monoteisme melawan pemerintahan Tritunggal yang menindas. Karena alasan ini, setelah pertempuran utama melawan Roderic, sebagian besar kota besar dan kecil di Spanyol membuka pintu mereka ke Tariq tanpa perlawanan. Kaum Muslim menawarkan sistem hukum yang adil, kebebasan untuk mempraktikkan agama, dan penghapusan pajak yang menindas dan tidak adil. Tak heran jika pasukan Thariq mampu menaklukkan seluruh semenanjung dengan pasukan kecil dalam beberapa tahun.

Penaklukan Muslim atas Spanyol tidak boleh dilihat sebagai penaklukan asing dan penaklukan penduduk asli. Sebaliknya, itu adalah pemberontakan Kristen Unitarian (dibantu oleh Muslim) melawan pemerintahan Trinitarian yang menindas. Tentara Muslim secara khusus diundang ke Spanyol untuk menghilangkan penindasan dan menegakkan keadilan, yang berhasil mereka lakukan dengan dukungan penduduk setempat. Dengan pemerintahan yang adil dan bermoral seperti itu, umat Islam memenangkan lebih dari ratusan ribu orang yang masuk Islam. 

Tentu saja, kesamaan keyakinan antara Muslim dan Unitarian juga berkontribusi besar dalam konversi penduduk Iberia ke Islam. Dalam 200-300 tahun invasi awal, lebih dari 80% populasi Spanyol adalah Muslim, berjumlah lebih dari 5 juta orang, kebanyakan dari mereka berasal dari Spanyol yang nenek moyangnya telah berpindah agama, bukan imigran.(islamicity)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus