Wajib Tahu, 7 Syarat Sujud dalam Salat

Phooby Kamaratih - Salat Hukum Islam 30/08/2021
Photo by Michael Burrows from Pexels
Photo by Michael Burrows from Pexels

Oase.id – Sujud merupakan salah satu gerakan dalam salat dan termasuk dalam rukun wajib salat. Jika tidak melakukan sujud maka salat dianggap tidak sah. Dalam pelaksanaan sujud saat salat, ternyata ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Menurut Syaikh Salim bin Abdullah dalam kitab Safinatun An-Najah, ada 7 syarat sujud dalam salat. Berikut penjelasannya:

 شروط السجود سبعة : أن يسجد على سبعة أعضاء وأن تكون جبهته مكشوفة والتحامل برأسة وعدم الهوى لغيره وأن لايسجد على شيء يتحرك بحركته وارتفاع أسافلة على أعالية والطمأنينة فية.

1. Harus dengan tujuh anggota badan

Ketika sujud, diharuskan menempelkan tujuh anggota badan pada lantai atau sajadah yang digunakan, Tujuh anggota badan yang dimaksud adalah; dahi, telapak tangan, kedua lutut, ujung jari-jemari kedua telapak kaki.

أعضاء السجود سبعة : الجبهة وبطون الكفين والركبتان وبطون الأصابع والرجلين.

"Anggota sujud yaitu, dahi, telapak tangan, kedua lutut, ujung jari-jemari kedua telapak kaki."

Sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas, Nabi ﷺ berkata;

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الجَبْهَةِ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَاليَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ، وَأَطْرَافِ القَدَمَيْنِ

“Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: dahi dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki.”

2. Dahi harus terbuka

Saat salat, untuk dahi saat menyentuh alas dianjurkan tanpa adanya penghalang apapun, baik itu panci, mukena, atau rambut sekalipun. Dianjurkan untuk memberikan ruang sekira tiga jari diatas alis pada dahi. Dahi diperbolehkan tertutup apabila ada uzur yang membahayakan jika dahi dibiarkan terbuka.

3. Meletakan posisi kepala dengan benar

Saat sujud, letakkan kepala dengan dahi sedikit ditekan agar dahi benar-benar menempel pada tempat sujud.

4. Tak memiliki tujuan lain

Saat menuju gerak sujud dalam salat, tidak memiliki niat lain selain untuk melakukan sujud.

5. Tidak sujud di atas benda yang mudah bergerak

Tidak diperbolehkan untuk sujud di atas benda mudah bergerak, karena gerak yang ditimbulkan akan membuat sujud dianggap tidak sah.

6. Posisi sujud

Saat sujud, posisi pantat diharuskan lebih tinggi daripada kepala.

7. Thuma’ninah dalam sujud

Thuma’ninah artinya berhenti dan tidak bergerak dengan lamanya seperti membaca “Subhanallah.” Rasulullah ﷺ bersabda, “Kalau kamu berdiri ketika salat, maka berdirilah dengan tuma’ninah. Kalau kamu ruku, rukuklah dengan tuma’ninah. Kemudian berbuatlah demikian dalam shalatmu”. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad dari Abu Hurairah).


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus