Cara Nabi Ibrahim Mencari Titik Pembangunan Ka'bah

Sobih AW Adnan - Kisah Nabi dan Rasul 08/04/2020
Photo by Abdullah Shakoor from Pixabay
Photo by Abdullah Shakoor from Pixabay

Oase.id- Mengulik sejarah ka'bah, seakan tak ada habisnya. Meskipun para ulama bersepakat bahwa titik bangunan suci itu sudah ditentukan sejak masa Nabi Adam As.

Pada masa Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail As, barulah pemugaran paling bersejarah dimulai. Perkaranya, bagaimana kisah kedua utusan Allah Swt yang tinggal di Palestina itu bisa menemukan titik ka'bah di Kota Mekah, Arab Saudi?
 
Ular angin dan Jibril

Ada banyak versi menarik mengenai hal ini. Salah satunya, seperti yang dituturkan Abu Ja'far Muhammad bin Jarir bin Yazid atau masyhur dengan nama Imam Ath-Thabari dalam kitabnya, Tarikh Al Umam wa Al Muluk. Dengan mengutip jawaban Ali bin Abi Thalib ketika ditanya seseorang ihwal serupa, ia menjawab;

"Allah Swt mengirimkan As Sakinah (ketenangan), berupa angin yang memiliki dua penjuru. Satu penjuru mengikuti yang lain. Keduanya terus bergerak hingga ke Makkah dan berputar-putar di lokasi ka'bah, mirip ular yang sedang melingkar," tulis Ath-Thabari.

Baca: Yang Dilakukan Rasulullah ketika di Rumah


 
Masih dalam kitab yang sama, Ath-Thabari juga menyuguhkan versi lainnya. Yakni, sebuah kisah yang menceritakan bahwa perjalanan Nabi Ibrahim yang menempuh jarak sekurangnya 1.500 kilometer itu dipandu Malaikat Jibril As.
 
Ath-Thabari menjelaskan, setelah Allah Swt menampakkan lokasi Baitullah dan tanda-tanda Tanah Haram kepada Ibrahim, ia langsung berangkat ditemani Jibril. Hingga setiap memasuki sebuah desa, Nabi Ibrahim selalu bertanya;
 
"Di tanah inikah engkau diperintah untuk memberitahuku, wahai Jibril?"
 
"Teruslah berjalan," jawab Jibril.

Baca: Pernah Suatu Ketika, Cuma Nabi yang Tak Terserang Wabah
 
 
Tanah merah

Sesampainya di Mekah yang kala itu masih berupa tanah tandus dan belum berpenguni, Nabi Ibrahim melihat gundukan tanah berwarna merah. Dia pun menanyakannya kembali, "Apakah aku diperintahkan untuk membangun kakbah di sini, ya Jibril?"
 
"Ya, benar," jawab Jibril.
 
Setelah itu, Nabi Ibrahim dan Ismail dengan penuh semangat memenuhi perintah Allah Swt membangun ka'bah.

Ibn Fadhilah Al-Umari dalam Masalik Al-Abshar fi Mamalik Al-Amshar mengatakan, untuk membangun fondasinya, mereka memboyong bebatuan dari Gua Hira. Sementara bahan-bahan lainnya diambil dari 5 gunung, yakni Hira, Lubnan, al Judi, Thursina, dan Thurzetta.

 

Sumber: Disarikan dari kisah dalam Tarikh Al Umam wa Al Muluk karya Abu Ja'far Muhammad bin Jarir bin Yazid atau Imam Ath-Thabari, dan Masalik Al-Abshar fi Mamalik Al-Amshar karya Ibn Fadhilah Al-Umari.


(SBH)
Posted by Sobih AW Adnan