Sebagai Pedoman Hidup, Ini 3 Nasihat Malaikat Jibril untuk Umat Nabi Muhammad SAW

Octri Amelia Suryani - Nabi Muhammad Saw 18/08/2021
Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay
Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay

Oase.id - Malaikat Jibril adalah salah satu malaikat utusan Allah yang ditugaskan menyampaikan wahyu. Tugas malaikat Jibril bukan hanya menyampaikan wahyu kepada Rasul, melainkan juga mengajarkan agama melalui Nabi Muhammad ﷺ kepada sahabat-sahabat Rasul.

Salah satunya Nabi Muhammad ﷺ mendapat nasihat dari malaikat Jibril untuk umatnya sebagai pedoman.

Rasulullah ﷺ bersabda:

تَانِي جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ، وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مَفَارِقُهُ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ،

Artinya: "Jibril mendatangiku lalu berkata, Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya.” (HR. ath-Thabarani)

Dari hadis di atas menunjukkan bahwa ada 3 nasihat dari malaikat Jibril:

1. Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati
Dari nasihat ini diketahui bahwa kematian merupakan hal yang pasti. Tidak mungkin untuk menghindar darinya. Jalan hidup merupakan suatu pilihan. Seseorang menjadi buruk atau baik itu pilihan, menjadi pendosa atau bertakwa itu juga pilihan. Pun menjadi hina atau mulia. Karena sebaik-baiknya nasihat adalah kematian.

Apa pun dan bagaimanapun jalan hidup yang dipilih, ingat bahwa kematian itu pasti. Kematian bukan akhir, tapi awal di mana kita menjalani dunia baru yang sangat berbeda dari kehidupan dunia.

2. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya
Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial. Tidak bisa terlepas dari lingkungan sosial tempat mereka berada. Manusia dikaruniai hati untuk saling berkasih sayang.

Namun perlu diketahui bahwa sebesar apa pun rasa cinta terhadap sesama, tetaplah ujungnya akan bertemu dengan yang namanya perpisahan. Baik cinta kepada manusia maupun kepada makhluk lainnya, cinta kakak kepada adik, murid kepada guru, wanita kepada laki-laki, bahkan cinta orang tua kepada anak. Pada waktunya, semua akan berpisah. Hanya ada satu cinta yang abadi, yaitu cinta kepada Allah SWT.

3. Berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya
Sekecil apa pun kebaikan yang dilakukan manusia, Allah pasti akan membalasnya. Setiap kebaikan atau keburukan, semua akan dipertanggungjawabkan dan dibalas oleh Allah. Balasan datang baik secara langsung maupun tidak.

Untuk itulah perlu diingat, bahwa tidak ada perbuatan yang sia-sia. Semua akan ada perhitungannya. Jadi, alangkah baiknya jika akan melakukan sesuatu terlebih dahulu dipertimbangkan dampaknya. Berdampak positif atau malah berdampak negatif.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus