6 Amalan yang Dianjurkan di Bulan Dzulhijjah

Octri Amelia Suryani - Bulan Dzulhijjah Amalan Al-Quran Iduladha Qurban 05/07/2022
Al-Quran (shzern-Pixabay)
Al-Quran (shzern-Pixabay)

Oase.id - Umat Islam kembali kedatangan salah satu bulan mulia dalam kalender Hijriah, yaitu Bulan Dzulhijjah. Selain disebut dengan Bulan Haji atau Bulan Qurban, ada banyak keutamaan Bulan Dzulhijjah yang disebutkan dalam Al-Quran dan hadis.

Dari Abu Bakrah radhiallahu‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: “Sesungguhnya zaman berputar sebagai mana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Di antara keutamaan bulan Dzulhijjah terletak di 10 hari pertama. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Imam at Tirmidzi bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

Artinya: “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah Swt melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?” Rasulullah SAW menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah Swt, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun.”

Sebagai umat muslim, hendaknya mengetahui dan menjalankan sejumlah amalan sunnah yang dianjurkan pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

6 amalan yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah

1. Melakukan ibadah haji dan umrah

Melakukan ibadah haji dan umrah merupakan amalan yang paling utama dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Nabi Muhammad ﷺ menyatakan jika amalan ini dikerjakan, maka akan diganjar dengan surga.

Sabda Nabi Muhammad ﷺ yang artinya, “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga."

2. Berpuasa pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijah

Ada sejumlah hadis Nabi Muhammad ﷺ mengenai keutaaman puasa di bulan Dzulhijjah:

Yang pertama Hadis Qudsi: “Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku.“

Kedua diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri: “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun.“ (Hadits Muttafaqun ‘Alaih)

Yang ketiga diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.”

3. Melakukan takbir dan dzikir

Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, umat muslim dianjurkan untuk berdzikir dan takbir. Anjuran ini sesuai dengan firman Allah: “Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu …” (Al-Baqarah: 185)

Sementara Imam Bukhari menjelaskan bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah Radhiyallahu anhuma keluar pasar sembari mengumandangkan takbir selama pada 10 hari tersebut. Lalu orang-orang mengikutinya.

Dan Ishaq, Rahimahullah, meriwayatkan dari fuqaha’, tabiin bahwa pada hari-hari ini mengucapkan: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Ilallah, wa-Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamdu.”

4. Perbanyak amal sholeh

Beramal sholeh seperti sedekah, salat, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya akan bernilai pahala. Siapa yang melakukannya pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Swt.

5. Melakukan Takbir Muthlaq

Takbir Muthlad dianjurkan untuk dilaksanakan setelah salat fardu. Dilaksanakan dengan berjamaah. Lakukanlah setiap saat, siang atau malam sampai salat ied.

Bagi selain jemaah haji, Takbir Muthlad dimulai dari sejak Fajar Hari Arafah. Sedangkan bagi jemaah haji dimulai sejak Dzuhur hari raya Qurban terus berlangsung hingga salat Ashar.

6. Berkurban pada hari raya qurban dan hari-hari tasyriq

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ mengatakan: 
“Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu.“ (Muttafaqun ‘Atasyri)

Demikian 6 amalan yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah. Semoga kita ikhlas menjalankannya dan mendapat pahala dari Allah Swt. Amin YRA.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus