Dari Bella Hadid Hingga Islam Makhachev: Selebriti Menyerukan Bantuan Gempa

N Zaid - Turki 16/02/2023
Mesut Oezil turun membantu korban gempa. Foto Twitter
Mesut Oezil turun membantu korban gempa. Foto Twitter

Oase.id - Sebagai buntut dari gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah pada 6 Februari, sejumlah tokoh terkenal telah menggunakan platform mereka untuk meminta sumbangan guna membantu mereka yang terkena dampak.

Dalam satu contoh penting, juara UFC Dagestan-Rusia Islam Makhachev meminta bantuan untuk negara-negara yang terkena dampak setelah pertahanan kejuaraan kelas ringannya melawan juara kelas bulu Alexander Volkanovski.

"Tolong jangan lupakan Suriah dan Turki," katanya usai kemenangannya dengan keputusan bulat di Perth, Australia, Minggu.

Dalam panggilan tersebut, ia bergabung dengan berbagai kelompok pemberi pengaruh, atlet, dan penghibur yang berusaha menjaga kesadaran publik tentang bencana tersebut karena petugas penyelamat dan pihak berwenang terus menangani krisis kemanusiaan.

Gempa bumi di Turki selatan menyebabkan kerusakan yang meluas, meratakan seluruh lingkungan dan distrik, termasuk di Suriah utara, dan merenggut nyawa lebih dari 40.000 orang.

Sementara korban selamat terus ditarik dari bawah puing-puing, harapan bahwa lebih banyak nyawa akan diselamatkan memudar dengan cepat.

Ribuan sukarelawan, termasuk tim penyelamat spesialis dari seluruh dunia, berbondong-bondong ke daerah yang terkena dampak untuk menawarkan bantuan mereka.

Perkiraan biaya bencana di Turki diperkirakan melebihi $84 miliar karena pihak berwenang ditugaskan untuk memperbaiki kerusakan dan menampung kembali mereka yang telah mengungsi.

Berikut beberapa selebritas yang telah bergabung untuk menggalang bantuan:

Maher zain
Penyanyi Swedia-Lebanon Maher Zain telah melakukan perjalanan ke provinsi Kahramanmaras di Turki untuk membantu distribusi bantuan.

Artis yang memiliki lebih dari 6,4 juta pengikut di Instagram dan 1,7 juta pengikut di Twitter telah memposting pembaruan video reguler dari wilayah tersebut, meminta para penggemarnya untuk menyumbangkan apa yang mereka bisa untuk membantu.

“Saya coba sampaikan kehancuran di sini, tapi tidak mungkin saya tunjukkan ke kamera,” ujarnya dalam salah satu postingan media sosial.

“Ini adalah fakta yang menghancurkan, semua orang telah melihatnya, tetapi melihatnya langsung di lapangan sangat berbeda. Seperti saya mencoba di media sosial saya untuk mendapatkan perspektif yang dapat menerjemahkan apa yang kita lihat di sini, tetapi sangat sulit. "

Bella Hadid
Dengan lebih dari 57,4 juta pengikut, supermodel Bella Hadid juga telah menggunakan platformnya untuk menyebarkan kesadaran tentang gempa dahsyat tersebut.

Model Palestina-Amerika berusia 26 tahun ini telah memposting pembaruan rutin dan menghubungkan para pengikutnya ke lokasi pengiriman donasi di dekat mereka.

Hadid menyoroti dukungannya untuk Yayasan Karam dan Dana Filantropi Turki, serta Unicef, Pertahanan Sipil Suriah/Helm Putih, Asosiasi Medis Suriah-Amerika, Asosiasi Medis Internasional, dan UNHCR.

Model ini terkenal karena advokasinya untuk masalah Timur Tengah dan Palestina.

Mesut Oezil
Bintang sepak bola Jerman-Turki Mesut Ozil bergabung dengan tim sukarelawan dari Basaksehir FC di Turki untuk mengirimkan bantuan kepada para korban gempa.

Mantan penyerang Real Madrid itu turun ke Twitter untuk membagikan pesan penuh harapan: "Bersama kita dapat mencapai apa pun di masa-masa sulit."

Orang lain di komunitas sepak bola global telah mengirimkan pesan dukungan kepada para korban bencana gempa bumi.

Pemenang Piala Dunia Lionel Messi, kapten Inggris Harry Kane, dan Cristiano Ronaldo, antara lain, juga turun ke media sosial untuk mengungkapkan simpati mereka kepada para korban, dengan menyumbangkan hasil lelang kaus sepak bola untuk dana bantuan.

Dunia sepak bola juga memberikan penghormatan kepada kiper Turki Eyup Turkaslan yang kehilangan nyawanya akibat gempa.

Engin Altan Duzyatan
Aktor Turki Engin Altan Duzyatan telah menggunakan basis penggemar globalnya untuk menarik perhatian pada penderitaan para korban gempa.

Bintang Dirilis: Ertugrul membagikan infografis "cara menyumbang" di Instagram dengan permohonan bantuan kepada 5,3 juta pengikutnya.

"Kepada para pengikut, penggemar, dan teman-teman Turkiye, yang tinggal di luar negeri. Turkiye sedang mengalami masa-masa sulit… Tidak ada kata-kata yang dapat menjelaskan kehancuran tersebut."

"Sudah waktunya, saya tahu ini waktunya untuk berdiri," katanya di postingan lain. "Mata, telinga, dan hati kita berada di bawah reruntuhan. Semua umat manusia di seluruh dunia adalah satu untuk zona gempa kita."

Duzyatan juga mengumumkan bahwa dirinya ikut serta secara langsung dalam upaya pertolongan: “Kondisi di lapangan sulit, pengalamannya sangat berat, kerugian kami sangat besar. Kami menunggu keajaiban setiap saat, kami tidak akan kehilangan harapan.”

Burak 'Czn Burak' Ozdemir
Sosok yang biasanya periang, koki Turki Burak "Czn Burak" Ozdemir telah membagikan banyak klip dalam bahasa Turki yang meminta 45 juta penggemar Instagramnya untuk membantu upaya bantuan dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Ozdemir berasal dari provinsi Hatay, salah satu daerah yang paling terkena dampak gempa 6 Februari, dan berpartisipasi langsung dalam distribusi makanan di sana.

Foto yang dia bagikan di Instagram menunjukkan dia di dapur makanan bersama para penyintas dan petugas penyelamat.

“Kami melakukan yang terbaik secara terkoordinasi dengan teman-teman saya. Terima kasih kepada semua orang yang berkontribusi sesuai dengan kebutuhan, ”kata sang koki di Instagram, Minggu.

Restoran Ozdemir berspesialisasi dalam masakan dari Hatay dan dia memiliki cabang restoran CZN Burak di Istanbul, UEA, dan Tajikistan.

Islam Makhachev
Islam Makhachev, seorang petarung UFC, dan juara kelas ringan saat ini, membuat permohonan bantuan yang tulus pada hari Minggu setelah mempertahankan gelar utamanya baru-baru ini melawan Alexander Volkanovski.

Dalam wawancara pasca-pertarungan, Makhachev mengambil kesempatan untuk mengungkapkan solidaritasnya kepada para korban gempa.

"Tolong teman-teman, jangan lupakan Turki dan Suriah. Kami bersama kalian," kata pejuang Dagestan itu.

Seniman bela diri campuran itu juga meminta sumbangan di halaman Instagram-nya.

Hasan Piker (HasanAbi)
Streamer Twitch Turki-Amerika Hasan Piker mengumpulkan lebih dari $1 juta dalam penggalangan dana untuk para korban gempa.

Piker, salah satu pembuat konten paling populer di Twitch, ditonton lebih dari 1,5 juta kali selama sembilan jam siaran langsung yang meliput gempa bumi.

Mantan jurnalis yang lahir di New Jersey dari keluarga Turki dan besar di Turki meliput berita dan politik di platform streaming.

Dia mengungkapkan selama siaran langsungnya bahwa dia pernah mengalami gempa bumi tahun 1999 di Istanbul saat masih kecil.

“Aku tahu betapa hancurnya itu. Saya ingin mengumpulkan dana untuk itu,” kata Piker. Dia menyumbangkan $25.000 sendiri untuk upaya bantuan.(mee)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus