Warisan Ottoman tetap hidup di Bazar Turki Skopje

N Zaid - Travel 20/09/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Di ibu kota Makedonia Utara, Skopje, Bazaar Turki yang bersejarah, rumah bagi beberapa contoh terbaik arsitektur Ottoman, merupakan tempat pemberhentian pertama bagi banyak wisatawan Turki yang mengunjungi kota tersebut.

Dibangun pada era Ottoman, jalan-jalan sempit Bazaar Turki dipenuhi dengan masjid, penginapan, pemandian, dan air mancur. Daerah ini juga dikenal dengan toko-tokonya yang menonjolkan kerajinan tradisional seperti pembuatan perhiasan dan tenun karpet, yang menarik minat besar dari para pengunjung.

Juga dikenal sebagai "Bazaar Skopje Lama," daerah ini menawarkan cita rasa kuliner tradisional kepada para pengunjung dan merupakan tempat yang sering dikatakan oleh para wisatawan Turki bahwa mereka merasa "seperti di rumah sendiri."

Hasan Arslan, seorang wisatawan dari Türkiye, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahagia melihat Skopje. 

"Skopje membuat kami gembira. Kota ini benar-benar indah dan bersejarah, dan melihat jejak-jejak Kekaisaran Ottoman membuat kami sangat senang."

Arslan menambahkan bahwa satu hari tidaklah cukup untuk menjelajahi ibu kota dan mendorong siapa pun yang tertarik dengan warisan Ottoman untuk mengunjungi Skopje.

Turis Turki lainnya, Pınar Demirtaş, mengatakan dia merasakan ikatan yang erat dengan leluhurnya di Skopje. 
"Saya merasa seperti di rumah, meskipun saya jauh dari tanah air. Itu sangat emosional bagi saya, dan itu terpelihara dengan baik," katanya.

Demirtaş mengungkapkan betapa bahagianya dia telah mengunjungi Skopje. "Mendengar adzan, melihat jejak leluhur kami – itu adalah perasaan yang indah," tambahnya.

Metin Duyar, pengunjung lainnya, mengatakan Skopje membuatnya merasa seolah-olah berada di Turki. "Orang-orangnya sangat membantu dan berbagi segalanya. Kami merasa seperti berjalan-jalan di lingkungan kami," katanya.

Bangunan bersejarah Ottoman
Bazar Turki bersejarah di Skopje menjadi terkenal pada abad ke-16 dan ke-17. Jalanan berbatunya mengarah ke bangunan bersejarah Ottoman seperti Masjid Sultan Murad, Kurshumli An Inn, dan Pemandian Davut Pasha.

Wisatawan Turki khususnya tertarik dengan restoran lokal di bazar, yang menyajikan hidangan tradisional Makedonia Utara. Salah satu makanan populer yang masuk dalam daftar "wajib dicoba" adalah bakso yang disajikan dengan kacang panggang.

Jembatan Batu, yang menghubungkan dua tepian Sungai Vardar yang mengalir melalui kota, merupakan salah satu bangunan bersejarah Ottoman paling ikonik di Skopje. Dikenal juga sebagai "Jembatan Fatih Sultan Mehmet," jembatan dengan 12 lengkungan dan panjang 220 meter ini, yang lebarnya 6 meter (19,7 kaki), telah bertahan dari berbagai perang dan gempa bumi. (dailysabah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus