Mengenal Arti Munafik dan Sifat-Sifat Orang Munafik dalam Islam

Octri Amelia Suryani - Inspirasi 11/06/2021
Gambar oleh mohamed matar dari Pixabay
Gambar oleh mohamed matar dari Pixabay

Oase.id - Munafik atau nifak adalah perbuatan di mana seseorang hanya akan menampakkan sisi baiknya saja, dibanding sisi buruk. Dalam bahasa Arab, munafik artinya “orang yang berpura-pura”.

Di masa kenabian, orang-orang tersebut mengaku Islam dan mengikuti Rasulullah ﷺ, namun menyembunyikan kekafiran dan permusuhannya terhadap Islam. Orang yang seperti ini pandai memainkan peran layaknya aktor, memasang wajah manis di hadapan semua orang padahal di balik itu ia amatlah buruk.

Peristiwa ini tergambar dalam QS. Al-Baqarah ayat 8:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ

Artinya: Dan di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.

Orang munafik juga kerap sekali menjadi julukan bagi orang muslim yang suka berbohong dan malas beribadah. 

Berdasarkan hal ini, orang munafik juga mendapat ancaman dengan balasan neraka di tingkat paling bawah, dibenci Allah SWT, serta di akhirat nanti akan dipisahkan dari golongan orang-orang beriman.

Sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nisa ayat 145:

إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Artinya: Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.

Oleh sebab itu, penting mengetahui apa saja sifat-sifat orang munafik dalam Islam. Demi menghindari masuk pada golongan orang munafik yang akan dikumpulkan pada neraka paling bawah. Sifat-sifat orang munafik dalam Islam di antaranya:

1. Ingkar janji
Orang munafik, tentu semua perkataannya sulit sekali dipercaya apalagi ditepati. Orang munafik akan cenderung sulit memegang janji sendiri. Terlebih pada semua janji yang telah ia lakukan ke banyak orang.

2. Dusta
Dusta atau bohong adalah tindakan yang juga tidak disukai oleh Allah SWT, selain ingkar janji. Itulah kenapa ada manusia juga tidak suka dibohongi. "Tanda orang munafik ada tiga, salah satunya adalah jika berbicara dia dusta." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Khianat
Khianat adalah lawan dari amanah. Jika amanah adalah melaksanakan kewajiban yang sudah disanggupi, maka khianat sebaliknya, yaitu berlaku curang atau membatalkan kewajiban. Ini salah satu ciri-ciri orang munafik.

4. Malas beribadah
Selain berbohong, berdusta, dan berkhianat, orang yang malas beribadah pun termasuk salah satu dari ciri-ciri orang munafik. Orang munafik akan selalu menganggap salat itu menjadi beban yang berat untuk dijalani.

5. Bersumpah palsu
Orang-orang yang selalu dengan mudahnya mengucapkan "Demi Allah" tanpa memikirkan dosa atau akibat yang akan diterima dari sumpah palsu tersebut.

6. Fujur dalam Pertikaian
Fujur adalah perbuatan yang selalu ingin merasa menang sendiri alias tidak menerima kekalahan. Perbuatan ini sering kali dilakukan oleh orang-orang munafik.

Allah memberikan jiwa manusia dua sifat, yaitu fujur (kefasikan) dan takwa. Kedua sifat ini saling berlawanan. Sebenarnya, sifat fujur diciptakan untuk memaksimalkan sifat takwa setiap insan agar menjadi pribadi yang mulia. 
Namun, orang yang memilih jalan fujur akan membiarkan akalnya melanglang buana melalui jalan sesat. Sehingga pemikirannya akan berseberangan dengan fitrah penciptanya. Akibatnya, imannya menjadi lemah. Karena inilah, fujur diciptakan untuk menguatkan ketakwaan seseorang.

7. Riya
Sifat sombong yang sangat tercela dan dibenci Allah SWT adalah riya. Riya atau sombong adalah perilaku yang sampai saat ini masih ada saja orang yang melakukannya. Mereka cenderung sombong dengan apa yang mereka miliki, sehingga membuat dirinya menjadi orang yang tinggi hati dan jahat.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus