Infused Water, Minuman Sehat Pelepas Dahaga yang Cocok untuk Buka Puasa

Siti Mahmudah - Ramadhan 2021 Tips Kesehatan 06/05/2021
Gambar oleh Nawal Escape dari Pixabay
Gambar oleh Nawal Escape dari Pixabay

Oase.id - Saat berpuasa, seringkali kita merasa dehidrasi. Tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Lantaran, selama 12 jam lebih tidak minum.

Infused water atau sering disebut Spa water adalah air yang diberi tambahan berupa potongan buah yang memberikan cita rasa buah yang menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh. Minuman ini cocok menjadi menu pembuka saat berbuka puasa.

Selain tidak repot membuatnya, minuman ini tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan. Bahkan, mengandung sejuta manfaat.

 

Manfaat infused water

Menurut penelitian, infused water sudah dikenal sejak abad kesepuluh sebelum Masehi. Infusi saat itu masih menggunakan proses infusi dari daun teh dan air. Tetapi, zaman modern seperti sekarang ini infused water digunakan untuk mendapatkan nutrisi dan citra rasa dari material organik melalui proses infusi alami. 

Infused water dipopulerkan oleh Amy Pogue yang berasal dari Amerika Serikat. Ia mempopulerkan air minum ini pada tahun 2012, karena terinspirasi dari ibunya yang sejak kecil selalu memberinya dengan potongan lemon di dalam air tersebut. 

Saat itu, dia membuat eksperimen dengan tipe yang serupa dengan ibunya. Tetapi ia mencoba memodifikasi dan mengkombinasikan dengan buah dan rempah. 

Ia berasumsi, infused water ini menjadi alternatif penting untuk mendorong banyak orang supaya minum air putih lebih banyak. 

Menurut The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) menyebutkan, bahwa 46,1 persen orang yang diteliti mengalami kekurangan air (hipovolemia) ringan. 

Anita Sari (2017) juga melakukan penelitian, bahwa salah satu faktor terjadinya dehidrasi adalah kelebihan berat badan (overweight). Terjadinya penumpukan lemak tubuh pada orang obesitas dapat meningkatkan berat badan tanpa menambah kandungan air dalam tubuh. 

Begitupun dalam penelitian di Amerika pada populasi orang dewasa menunjukkan bahwa Indeks Massa Tubuh memiliki hubungan positif dengan asupan air minum.
 
Sejalan dengan penelitian di Singapura, menunjukkan bahwa kelompok remaja dan dewasa muda (15-24 tahun) merupakan kelompok yang banyak mengalami kekurangan air. Sebagian perempuan hanya minum 5-6 gelas dan laki-laki 6-8 gelas per hari. Alasannya adalah karena merasa tidak puas, lupa minum, merepotkan dan tidak mau ke kamar kecil. 
 
Hal tersebut tentu akan menyebabkan dehidrasi yang berakibat organ tubuh menjadi rusak.
 
Noni Soraya dalam bukunya yang berjudul “Infused Water Minuman  Alami Bervitamin dan Super Sehat” menuliskan beberapa manfaat infused water, yakni:

1. Mengandung zat gizi 
Zat gizi utama yang terkandung dalam infused water berupa vitamin, mineral dan serat. Didalamya mengandung vitamin C, asam folat dan mineral. Vitamin C ini berfungsi dalam pembentukan kolagen, pengangkutan asam lemak kedalam mitokondria, meningkatkan metabolisme zat besi, penyerapan kalsium, antioksidan, daya tahan tubuh terhadap infeksi. Juga, sebagai pencegahan kanker. 

Sementara asam folat, berfungsi dalam  pembentukan eritrosit dan leukosit pada sumsum tulang belakang. 

Selanjutnya, asam folat berperan sebagai katalisator dan kofaktor enzim pada saat metabolisme, juga sebagai pemeliharaan fungsi tubuh dari tingkat sel sampai organ.
 
Selain vitamin dan mineral, buah juga mengandung serat. Menurut penelitian, serat makanan yang larut dalam air berfungsi sebagai pencegah sembelit, memberi perasaan kenyang yang lama, meningkatkan kesehatan pada saluran pencernaan, mengurangi risiko penyair jantung dan memperlambat produksi gula darah.

2. Membantu detoksifikasi

Minuman ini bisa dijadikan pendorong detoksifikasi atau mampu menghilangkan racun secara alami dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Selain itu juga tentu harus dibarengi dengan olahraga yang rutin, menghindari stress dan istirahat yang cukup.

3. Membantu mengurangi berat badan 

Minuman ini cocok banget buat kamu yang sedang menjalankan program diet. Supaya tubuh tetap sehat dan tidak menambah berat badan saat kamu kebanyakan ngemil dirumah. 

Kebanyakan orang yang melakukan program diet hanya memperhatikan menu makanan tanpa perlu memperhatikan minuman. Tentu ini akan menyebabkan diet yang gagal dan tidak mendapatkan hasil yang sempurna.

 

Aneka Buah dan Herbal Infused Water

Campuran air putih dengan potongan buah ini dipercaya dapat memberikan efek segar karena melalui proses pendiaman selama beberapa jam untuk sampai sari buahnya keluar hingga air berasa buah. Jenis buah-buahan yang dapat digunakan adalah buah yang rasanya asam. Hal tersebut selaras menurut penelitian, bahwa tidak semua buah bisa menjadi infused water, hanya buah dengan kategori asam yang bisa digunakan. 

Adapun buah yang bisa digunakan untuk infused water yaitu anggur, belimbing, apel, jeruk nipis, stroberi, buah naga, stroberi, kiwi, apel, kiwi, nanas, mentimun, jeruk dan mangga. Sedangkan aneka herbalnya  yang bisa digunakan adalah kemangi, kayu manis, jahe dan serai. 
 
Adapun yang perlu diperhatikan dalam membuat infused water adalah sebagai berikut: 

1. Buah dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong. Agar tidak ada bakteri yang menempel pada buah.

2. Bisa memberikan bahan tambahan, misalnya berupa madu atau sirup (sesuai selera). 

3. Buah harus dalam keaadaan segar dan matang.

4. Bisa disimpan di dalam kulkas atau diberi es batu.

5. Lebih baik dikonsumsi sebelum makan agar zat gizi yang terkandung didalamnya bisa langsung diserap oleh tubuh.

Cara membuat infused water:

Alat: Gelas atau wadah minuman, dan pisau.

Bahan: 1 Buah, air putih 500 ml dan es batu secukupnya atau bisa disimpan di kulkas.

Penyajian:
1. Potong buah atau herbal sesuai selera yang diinginkan.
2. Masukkan ke dalam air putih 500 ml.
3. Tambahkan es batu secukupnya atau bisa disimpan di kulkas 8-12 jam.

Sumber: Jurnal Gizi Indonesia, Jurnal Industri dan Pangan, Jurnal Internasional, Buku Infused Water Minuman  Alami Bervitamin dan Super Sehat


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus