Bismillahirrahmanirrahim, Inilah Keistimewaan Mengucapkan Basmalah Setiap Hari

Phooby Kamaratih - Inspirasi 04/08/2021
 Photo by GR Stocks from Pexels
Photo by GR Stocks from Pexels

Oase.id – Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim setiap hari atau setiap ingin memulai sesuatu sangat dianjurkan dalam Islam. Siapa sangka, pekerjaan yang sepele jika dimulai dengan mengucapkan basmalah akan membawakan keberkahan dan merupakan kebaikan yang bernilai besar di sisi Allah.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah)”.

Lalu, apa saja keistimewaan dari membaca basmalah sampai Allah dan Rasul sangat menganjurkan kepada kita sebagai umat-Nya untuk memulai sesuatu dengan membaca basmalah. Berikut Oase.id merangkum beberapa keistimewaan yang akan diperoleh jika seorang muslim selalu mengucapkan basmalah:

1. Dekat dengan Allah

Imam Abu Muhammad Abdur Rahman ibnu Abu Hatim mengatakan di dalam kitab Tafsir-nya:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عن بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. فَقَالَ: "هُوَ اسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللَّهِ، وَمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ اسْمِ اللَّهِ الْأَكْبَرِ، إِلَّا كَمَا بَيْنَ سَوَادِ الْعَيْنَيْنِ وَبَيَاضِهِمَا مِنَ الْقُرْبِ"

“Dari Ibnu Abbas, bahwa Usman bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang basmalah. Beliau menjawab: Basmalah merupakan salah satu dari nama-nama Allah; antara dia dan asma Allahu Akbar jaraknya tiada lain hanyalah seperti antara bagian hitam dari bola mata dan bagian putihnya karena saking dekatnya.”

2. Diselamatkan dari Malaikat Zabaniyah

Malaikat Zabaniyah bertugas untuk menyiksa umat manusia yang masuk ke dalam neraka. Dari Al-A’masy, dari Abu Wa’il, dari Ibnu Mas’ud yang mengatakan bahwa barang siapa yang ingin diselamatkan oleh Allah dari Malaikat Zabaniyah yang jumlahnya sembilan belas (Zabaniyah adalah juru penyiksa neraka), hendaklah ia membaca: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang ( )

3. Perlindungan dari setan dan jin

Dengan senantiasa mengucapkan basmalah maka kita merupakan umat yang selalu mengingat Allah. Maka setan dan jin tidak akan mendekati dan menggoda umat Muslim. Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir), maka setan berkata: ‘Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.’ Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah, maka setan berkata: ‘Kalian telah mendapatkan tempat istirahat."

Dan Rasulullah ﷺ bersabda: “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, adalah dengan membaca Bismillah.”


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus