Dalil Tentang Sedekah Jariyah dan Macam-macam Contohnya

Octri Amelia Suryani - Sedekah amal 25/01/2023
Sedekah (Gambar oleh Myriams-Fotos dari Pixabay)
Sedekah (Gambar oleh Myriams-Fotos dari Pixabay)

Oase.id - Seperti yang sudah sering kita dengar, sedekah jariyah adalah salah satu amalan yang akan terus mengalir pahalanya. Jika melakukan amalan ini, pahala seseorang akan terus mengalir meskipun ia telah meninggal dunia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadis Riwayat Muslim:

إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya. (HR Muslim).

Berdasarkan hadis di atas, jika seseorang meninggal, ia masih punya kesempatan untuk mengumpulkan pahala amalannya. Karena ada beberapa amalan semasa hidup yang akan terus mengalir pahalanya meskipun seseorang telah meninggal dunia.

Quraish Shihab juga pernah berkata bahwa alam barzah yang ditempati oleh mereka yang telah meninggal merupakan kesempatan untuk menambah amal orang yang mati. Salah satunya pahala sedekah jariyah. 

Ada beberapa contoh dari sekian banyak contoh sedekah jariyah. Antara lain:

1. Membangun masjid

Muslim, Ath-Thabrani, Ibnu Majah, dan Baihaqi, menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda:

وَمَنْ بَنَى لِلهِ مَسْجِدًا بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Artinya: Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membuatkan rumah di surga untuknya. (HR Muslim, Ath-Thabrani, Ibnu Majah, & Baihaqi)

2. Menyebarkan ilmu pengetahuan

Dalam hal ini bisa berupa penyaluran dana untuk membangun sekolah, atau mengadakan fasilitas, atau bisa juga berupa jasa sebagai pengajar. Rasulullah ﷺ bersabda:

"Amal saleh dan kebaikan seorang mukmin yang tetap lestari setelah kematiannya adalah; ilmu yang diamalkan dan disebarkan, anak saleh yang ditinggalkan, buku yang diwariskan, masjid yang di bangun, rumah yang didirikan untuk ibnu sabil, saluran air yang dialirkan, atau sedekah yang ia keluarkan sewaktu masih sehat ketika masih hidup. Sedekah ini akan tetap lestari setelah ia meninggal." (HR Ibnu Majah)

Mewariskan Al-Quran juga merupakan bentuk sedekah jariyah yang bisa dilakukan. Sebagai pedoman umat muslim, Al-Quran memiliki keistimewaan setiap membaca satu persatu hurufnya. Setiap satu huruf yang dibaca akan dicatat sebagai s3. Mewariskan Al-Quranatu kebaikan untuk pembaca. Begitu juga dengan mereka yang mewariskan Al-Quran tersebut, tentunya tanpa mengurangi pahala orang yang membaca tersebut.

4. Sedekah Air

Karena bersedekah tidak harus melulu soal materi, maka mensedekahkan air untuk orang yang sangat membutuhkan juga termasuk salah satu contoh sedekah jariyah. Seperti mensedekahkan air kepada mereka yang berada di daerah krisis air, maka memberi mereka air tentu akan sangat bermanfaat baginya.

Inilah beberapa contoh sedekah jariyah yang dapat diamalkan. Sedekah jariyah ini akan terus mengalir pahalanya meskipun orang tersebut telah meninggal dunia. 
 


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus