Inilah Sedekah yang Paling Ringan, Yuk Kita Amalkan

Octri Amelia Suryani - Sedekah Al-Quran Nabi Muhammad Saw Surah Al Baqarah 20/01/2022
Senyum merupakan sedekah yang sangat ringan dan paling mudah dilakukan. (Foto: ArmyAmber-Pixabay)
Senyum merupakan sedekah yang sangat ringan dan paling mudah dilakukan. (Foto: ArmyAmber-Pixabay)

Oase.id - Sedekah berasal dari kata "shadaqa" yang artinya jujur, benar, dan memberi dengan ikhlas. Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah Swt.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang sedekah. Salah satunya dalam surah Al-Baqarah ayat 271. Bahkan, dalam ayat menyebutkan bahwa Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahan umatnya yang rajin bersedekah.

Perlu diketahui bahwa sedekah tidak melulu soal materi. Karena sedekah bisa dengan apa saja. Dan seringan-ringannya sedekah adalah dengan senyuman.

Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ mengatakan:

تَبَسُّمُكَ فيِ وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَة وَأَمْرُكَ بِالمـعْرُوفِ وَنَهْيُكَ عَنِ المـنْكَرِ صَدَقَة وَإِرْشاَدُكَ الرَّجُلَ فيِ أَرْضِ الضَّلاَلِ لَكَ صَدَقَة وَبَصَرُكَ لِلرَّجُلِ الرَدِيْءِ البَصَرِ لَكَ صَدَقَة وَإِمَاطَتُكَ الحَجَرَ وَالشَّوكَ والعِظَمَ عَنِ الطَّرِيقِ لَكَ صَدَقَة

Artinya: Senyummu pada wajah saudaramu adalah sedekah, amar makruf dan nahi munkar adalah sedekah, penunjuk orang yang tersesat adalah sedekah, matamu untuk menunjuki orang buta adalah sedekah, membuang batu, duri atau tulang dari jalanan adalah sedekah. (HR. At-Tirmizy)

Menurut hadis di atas banyak cara untuk seseorang dapat bersedekah, kapan pun dan di mana pun. Dari beberapa cara tersebut, tersenyum adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, tidak harus menunggu kaya.

Dalam hadis lain Rasulullah ﷺ juga bersabda:

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Artinya: "Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikit pun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri". (HR. Muslim)

Sama halnya dengan tersenyum, seseorang juga dapat dinamakan bersedekah dengan melakukan kebaikan seperti menyambut orang lain dengan wajah berseri. Karena dengan hal tersebut orang yang melihat akan senang. Tetapi semuanya hendaklah disertai dengan hati yang tulus dan ikhlas.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus