Masjidil Haram dan Nabawi Siap Tampung Jemaah Secara Maksimal di Akhir Ramadhan

N Zaid - Makkah 07/04/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Otoritas Saudi yang bertanggung jawab atas dua masjid paling suci umat Islam telah mengintensifkan upaya untuk menerima lebih banyak umat Islam yang akan menghadiri ritual khataman Al-Quran malam ini seiring dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Otoritas Umum untuk Perawatan dan Pengelolaan Dua Masjid Suci telah menyediakan sejumlah layanan bagi jutaan jamaah yang datang ke Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Pelayanan tersebut meliputi bimbingan, konseling, khotbah dan sesi pengajian dengan tujuan memberikan suasana ketenangan dan spiritualitas bagi umat beriman.

Dalam beberapa hari terakhir, kedua masjid tersebut telah menyaksikan masuknya umat Islam selama bulan Ramadhan yang terkenal dengan ibadah yang intens.

Kepala Kepresidenan Urusan Agama di Dua Masjid Suci Abdulrahman Al Sudais telah mendesak staf untuk siap melaksanakan rencana terkait malam pembacaan Al-Quran di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sambil bertindak dalam koordinasi penuh dengan badan lain di kedua lokasi.

Instruksi juga diberikan untuk mendukung layanan aplikasi pintar, terjemahan, dan panduan yang diarahkan untuk membantu jamaah melakukan ritual mereka dengan nyaman.

Ramadhan biasanya menandai puncak musim umrah atau ziarah kecil di Masjidil Haram di Mekkah, khususnya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Setelah menunaikan umrah, banyak jamaah yang menuju ke Madinah untuk melaksanakan salat di Masjid Nabawi dan mengunjungi landmark Islam lainnya di Madinah.

Lebih dari 2 juta umat Islam dilaporkan memadati Masjidil Haram dan halaman luarnya pada Jumat malam yang bertepatan dengan malam ke-27 Ramadhan, yang diyakini sebagai tanggal yang paling mungkin untuk Lailatul Qadr, atau Malam Kekuasaan, ketika Al-Quran pertama kali diturunkan kepada umat Islam. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. 

Lailatul Qadr adalah malam yang paling dihormati dalam kalender Islam. Nabi shallallahu alaihi wa sallam berpesan agar umat Islam mencari Lailatul Qadr pada malam-malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.(gulfnews)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus