Tergerak oleh Akhlak Nabi: Cendekiawan Yahudi Zaid ibn Su`nah Menerima Islam

N Zaid - Sirah Nabawiyah 03/01/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, Abdullah bin Salaam radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa ketika Allah menghendaki memberi petunjuk kepada Zaid bin Su`nah (ulama besar Yahudi di Madinah), Zaid bin Sun`nah berkata, “Aku mengenali semua tanda-tanda kenabian ketika melihat wajah Muhammad kecuali dua tanda yang tidak langsung terlihat: Kesabarannya akan mendahului ketergesaannya, dan bahwa kesabarannya akan bertambah ketika menghadapi kecerobohan yang berlebihan.” 

Zaid bin Su`nah meriwayatkan [kisahnya sebagai berikut]: 
“Suatu hari, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam keluar dari rumahnya bersama `Ali bin Abi Thalib. Seorang Badui, mengendarai untanya, mendatanginya dan berkata, 'Ya Rasulullah! Sekelompok umatku dari marga anu telah beriman dan memeluk Islam. Saya sering mengatakan kepada mereka bahwa jika mereka masuk Islam, maka rezeki mereka akan berlimpah [karena berkah Ilahi]. Namun kini mereka menghadapi kelaparan karena kurangnya curah hujan. Aku khawatir ya Rasulullah, mereka akan meninggalkan Islam karena keserakahan, sebagaimana mereka memeluknya karena keserakahan. Jika menurutmu pantas, kirimlah sesuatu yang mencukupi mereka.’ Nabi melihat ke pria di sebelahnya, yang saya yakini adalah `Ali, yang menjawab, ‘Ya Rasulullah! Tidak ada yang tersisa dari kita.'

Zaid melanjutkan, “Saya mendekati Nabi dan berkata, ‘Wahai Muhammad! Jika engkau menghendaki, sewalah kepadaku kebun kurma ini dan itu untuk jangka waktu tertentu.' Beliau menjawab, 'Tidak, tetapi aku akan menyewakan kepadamu sejumlah kurma hingga jangka waktu tertentu tanpa menyebutkan kebunnya. ’Aku menjawab, ‘Baiklah.’ Maka, dia menyewakannya kepadaku, dan aku membuka dompetku dan mengeluarkan delapan puluh mitsqaal emas (350 gram) untuk membayar kurma tertentu dalam jangka waktu tertentu. Nabi menyerahkan emas itu kepada laki-laki itu dan memerintahkannya, 'Bantulah mereka melewati ini dan bagikan dengan adil.' Zaid ibn Sun`nah melanjutkan, “Dua atau tiga hari sebelum periode yang ditentukan berakhir, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam keluar bersama Abu Bakar, `Umar, `Utsman (ra dengan mereka), dan sejumlah sahabat lainnya untuk melaksanakan salat jenazah. 

Ketika dia selesai shalat dan mendekati dinding untuk duduk di depannya, aku mendatanginya, menarik baju dan jubahnya, dan memandangnya dengan marah dan berkata, ‘Wahai Muhammad! Mengapa kamu tidak melunasi hutangku?! Demi Allah, aku tidak mengetahui apa pun tentang keluargamu kecuali penundaan [utang]. Aku mengenal baik kaummu.’ Sambil berkata demikian, aku menatap ‘Umar yang matanya melotot dan berubah menjadi marah. 

Dia memelototiku dan berkata, ‘Wahai musuh Allah! Apakah sebenarnya Anda baru saja mengatakan apa yang saya dengar kepada Rasulullah? Apa kamu benar-benar baru saja melakukan apa yang kulihat padanya? Demi Dzat yang memegang hidupku di tangan-Nya, jika aku tidak khawatir dengan kepergian [Nabi] dari kita, niscaya aku akan memukul kepalamu dengan pedangku.' 

Rasulullah, yang sedang menatapku dengan tenang dan sabar, berkata , 'Wahai 'Umar! Kami tidak membutuhkan ini. Aku lebih membutuhkan nasihatmu untuk melunasi pinjamannya dengan baik, dan dia lebih membutuhkan nasihatmu untuk bertransaksi dengan sopan. Pergilah bersamanya `Umar, lunasi pinjamannya, dan beri dia tambahan dua puluh saa` (44 kilogram) kurma karena kamu membuatnya takut. Maka, `Umar mengambilku, melunasi utangku, dan memberiku tambahan dua puluh sa` kurma. Aku bertanya kepadanya, 'Mengapa kenaikan ini?' Dia menjawab, 'Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkanku untuk memberikan ini kepadamu karena aku membuatmu takut.' 

Aku bertanya, 'Apakah kamu mengenaliku, `Umar? ' 'Tidak,' katanya. “Saya Zaid ibn Su`nah,” kataku. ‘Rabi Yahudi?’

‘Ya, sama.’ ‘Lalu apa yang membuatmu berperilaku dan berbicara dengan Rasulullah seperti yang kamu lakukan?’ dia bertanya. 

'Wahai 'Umar!' jawabku. ‘Aku mengenali seluruh tanda-tanda kenabian ketika melihat wajah Muhammad, kecuali dua tanda yang tidak langsung terlihat: Kesabarannya akan mendahului ketergesaannya, dan bahwa kesabarannya akan bertambah ketika menghadapi ketergesaan yang berlebihan. 

Sekarang saya telah mengenali kedua tanda ini juga. Bersaksilah wahai 'Umar! Aku ridho kepada Allah sebagai Tuhanku, kepada Islam sebagai agamaku, dan kepada Muhammad sebagai nabiku. Bersaksilah juga bahwa aku menyumbangkan separuh hartaku – dan aku mempunyai banyak harta – untuk bersedekah kepada umat Muhammad (shallallahu alaihi wa sallam).' `Umar berkata, 'Mungkin sebagian dari mereka karena [uang]mu tidak akan cukup untuk semuanya.' 'Baiklah, untuk beberapa dari mereka'.” `

Umar dan Zaid kembali kepada Rasulullah (shallallahu alaihi wa sallam) dan Zaid mengumumkan secara terbuka, “Saya bersaksi bahwa tidak ada satu pun yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya dan aku beriman kepadanya.” 

Dengan demikian, Zaid bersaksi tentang pesan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan mengambil sumpah setia di tangannya. 

Zaid berpartisipasi dalam sejumlah pertempuran bersama Nabi dan syahid dalam ekspedisi Tabuk saat menghadapi musuh dan bukan mundur. Semoga Allah meridhoi dia. Cerita ini telah disebarkan oleh Tabarani (al-Mu`jam al-Kabeer), dimana al-Haithami mengatakan bahwa semua perawi Tradisi adalah baik. Juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Hakim, antara lain. Versi Arab dari cerita ini diambil dari Hayaat al-Sahaaba (Kehidupan Para Sahabat) karya Muhammad Yusuf Kandhlawi.(islamonline)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus