Setelah 10 Tahun, Pertama Kali Wali Kota Roma Hadiri Buka Puasa di Masjid Agung Roma

N Zaid - Masjid 13/04/2023
Masjid Agung Roma. Foto Dok/Arabnews
Masjid Agung Roma. Foto Dok/Arabnews

Oase.id - Walikota Roma Roberto Gutieri pada hari Rabu menghadiri buka puasa di Masjid Agung di ibu kota Italia. Ini adalah  kali pertama kunjungan semacam itu terjadi dalam 10 tahun.

Masjid Agung Roma adalah tempat ibadah Islam terbesar di negara Pizza ini, dan dibangun berkat sumbangan dari mendiang Raja Faisal dari Arab Saudi.

Gualtieri disambut oleh Naim Nasrallah, presiden Pusat Kebudayaan Islam Roma, dan anggota komunitas Muslim kota itu.

Dia menghadiri salat dan kemudian bergabung dengan buka puasa bersama anggota dewan kota dan komisaris dari semua pihak.

Gualtieri mengatakan Dewan Kota “sangat menghargai kehadiran aktif Pusat Kebudayaan Islam, dan kontribusi besar yang ditawarkan warga agama Islam setiap hari ke kota Roma. Kota kami bangga menjadi terbuka, multikultural, dan multireligius.”

Nasrallah berkata: "Kami senang menjadi tuan rumah walikota di tempat spiritualitas, budaya, dan keindahan arsitektur ini."

“Setelah sekian lama, kami melihat bahwa walikota Roma di sini bersama kami selama bulan suci Ramadhan telah memulihkan tradisi berharga untuk berbagi buka puasa bersama kami.

“Hari ini, kami menegaskan kembali persahabatan dan kerja sama besar yang mengikat Pusat Kebudayaan Islam dan Dewan Kota Roma, serta komunitas Islam dan semua warga Roma,” kata Nasrallah.

Pada 2013, Giovanni Alemanno, anggota partai kanan-tengah Fratelli d'Italia (Saudara Italia), adalah walikota Roma terakhir yang menghadiri buka puasa di Masjid Agung.

Tak satu pun dari dua penerus berikutnya, Ignazio Marino dari Partai Demokrat dan Virginia Raggi dari Gerakan Bintang Lima, menghadiri acara apa pun yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Islam setiap tahun selama Ramadan.

Sejak terpilih sebagai walikota tahun lalu, Gutieri telah menjalin hubungan dekat dengan komunitas Islam Roma.(arabnews)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus