Bacaan Doa Setelah Salat Idulfitri

Octri Amelia Suryani - Idulfitri Salat 01/05/2022
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)

Oase.id - Salat sunah Idulfitri dikerjakan pada tanggal 1 Syawal. Salat Idulfitri yang juga disebut dengan salat ied dilaksanakan dua rakaat. Dianjurkan dilaksanakan secara berjamaah.

Biasanya setiap menjalankan ibadah salat, maka ditutup dengan membaca doa dan dzikir. Meskipun tidak diwajibkan, tetapi doa dan dzikir tersebut tetap dibaca oleh umat muslim, dengan tujuan mendapatkan rida dari Allah Swt.

Begitu pun dengan salat Idulfitri. Setelah menjalankannya, ada bacaan doa yang dianjurkan.

Bacaan Doa setelah salat Idulfitri:

اَللّهُمَّ أَعْطِنِي خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ، وَاْصرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَشَرَّ مَا فِيْهِ، اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي فِيْهِ كُلَّ خَيْرٍ وَاجْعَلْنِي بَارًّا فِيْهِ بِوَالِدَيَّ، وَاجْعَلْنِي يَا الله مِنْ عِبَادِكَ الْمغْفٌوْرِ لَهُمْ فِي هَذَا الْيَومِ الْمُبَارَكَ، اللهُمَّ ارْحَم ْمَوْتَنا وَمَوْتَى الْمُسْلِمِيْنَ، .اللهم تَقَبَّلْ ِمنَّا الطَّاعَاتِ وَاغْفِر ْلَنَا الْخَطَايَا وَالسَّيِّئَاتَ.

Allahumma’thini khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi. Washrif anni syarra ma fihi. Allahummaktubli fihi kulla khairin waj’alni barran fihi bi walidayya, waj’alni ya Allah min ibadikal maghfur lahum fi hadzal yaum al-mubarak. Allahumarham mautana wa mautal muslimin. Allahumma taqabbal minna tha’ati waghfir lanal khathaya was sayyi’at

Artinya: “Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini, dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini. Ya Allah catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesalahan dan keburukan yang telah kami perbuat.”

Jika doa di atas dibaca dengan sungguh-sungguh dan hati yang ikhlas serta mengharap ridha dari Allah SWT, tentunya akan menimbulkan banyak manfaat. Salah satunya, Allah akan memberikan keberkahan hidup serta.

Selain itu, Allah akan memberikan ampunan, baik itu untuk diri sendiri, orang tua maupun orang-orang yang sudah mendahului kita.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus