Mampu Mendatangkan Rahmat, Berikut 5 Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Phooby Kamaratih - Nabi Muhammad Saw 13/07/2021
 Photo by Michael Burrows from Pexels
Photo by Michael Burrows from Pexels

Oase.id – Salah satu ibadah yang paling ringan, namun mampu memperoleh pahala yang besar adalah bershalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ. Selain memperoleh pahala yang berlimpah, dengan bershalawat menjadi wujud bentuk cinta umat Muslim kepada Rasul dan Allah Swt.

Banyak shalawat yang bisa dilantunkan, tapi yang paling umum dan sering dibaca adalah bacaan shalawat berikut :

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alaa aali sayyidina muhammad.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada penghuni rumahnya (ahlul bait).”

Keutamaan shalawat kepada Rasulullah ﷺ

Salah satu keutamaan membaca shalawat kepada Rasulullah ﷺ adalah mampu mendatangkan rahmat kelak di akhirat. Selain itu, masih banyak manfaat dan keutamaan membaca shalawat Nabi. Berikut 5 keutamaannya:

1. Memperoleh syafaat Nabi ﷺ

Jika seseorang bershalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ, maka akan memperoleh syafaat atau pertolongan dari kerasnya siksa di akhirat nanti. Diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Amr, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

    مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

"Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat nanti." (Hadits shahih oleh Syaikh Al Albani)

2. Pahala 10 kali lipat

Dalilnya diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

    مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR. Muslim, No. 408)

Hadis ini menunjukkan bahwa siapa saja yang membaca shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ sebanyak 1 kali maka akan diberikan balasan 10 kali lipat oleh Allah. Hal ini pun sejalan dengan Firman Allah dalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 160 :

مَنۡ جَآءَ بِالۡحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشۡرُ اَمۡثَالِهَا‌

“Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya.”

3. Menjadi orang yang paling dekat dengan Rasul

Umat Muslim yang memperbanyak shalawat pada hari Jumat, maka akan semakin dekat dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak sholawatnya, maka ia menjadi orang yang paling dekat kedudukanya dariku.” (HR. Baihaqi)

4. Terkabulnya doa

Membaca shalawat merupakan penyempurna doa dan beribadah supaya Allah SWT mengabulkan hajat yang diinginkan. Dalam salah satu riwayat hadits menjelaskan “Setiap doa akan terhalang hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad.” (HR. Thabrani).

Dalam hadis lain juga menjelaskan "Apabila salah seorang di antara kamu membaca sholawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

5. Masuk ke dalam surga

Dengan memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah ﷺ, maka Allah akan memasukkannya ke surga. Dan sebaliknya, jika seseorang tidak bershalawat kepada Nabi ﷺ, maka dijauhkan jalan menuju surga.

مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَخَطِئَ الصَّلاةَ عَلَيَّ ، خَطِئَ طَرِيقَ الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan shalawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga.” (HR. Thabrani)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus