Menengok Kemegahan Masjid Esenguly, yang Tertua di Turkmenistan

N Zaid - Masjid 09/09/2023
Masjid Esenguly. Foto: Ist.
Masjid Esenguly. Foto: Ist.

Oase.id - Masjid Esenguly adalah salah satu masjid terkemuka di Turkmenistan yang menjadi contoh budaya Muslim di wilayah tersebut. Terletak di kota tua Esenguly di provinsi Mary, di bagian barat Turkmenistan. Masjid Esenguly dibangun antara tahun 346/957 dan 349/960 M, pada masa pemerintahan Bani Abbasiyah di wilayah tersebut.

Masjid ini dibangun di kawasan yang merupakan bagian dari masjid tua yang didirikan pada abad ke-9. Bangunan itu memiliki halaman yang luas dan tembok yang mengelilinginya. Masjid ini memiliki balkon interior yang terhubung ke menara. 

Menara ini dianggap sebagai salah satu yang terindah di Turkmenistan dan memberikan kesan budaya Islam tradisional. Pada tahun 2004, Masjid Esenguly dibangun kembali dan direnovasi untuk mengembalikan kejayaannya. Detail rumit dan keindahan masjid inilah yang membuatnya begitu unik dan luar biasa. Masjid ini merupakan salah satu atraksi utama di Esenguly dan patut dikunjungi ketika mengunjungi Turkmenistan. Anda dapat mempelajari sejarah, budaya, dan warisan melalui monumen megah di Turkmenistan ini

Sejarah:

Masjid Esenguly (Esengüli Khaan Masjidi) adalah masjid tertua di negara Turkmenistan, terletak di Esenguly Bey, sebuah distrik di luar Kota Mary, yang terletak di Provinsi Mary. Masjid ini pertama kali dibangun pada abad ke-11 oleh Abu-l-Fadl Javanshir, seorang kepala suku Seljuk, yang merupakan pengikut Mazhab Hanafi. 

Masjid ini diperluas pada masa pemerintahan Amadil al-Kadi-al-Moveli pada abad ke-13. Selama abad ke-15, barisan tiang ditambahkan ke aula depan, yang menampung air mancur yang dimaksudkan untuk memperingati kemenangan Isfandiyar III atas Ottoman pada periode yang sama. 

Struktur tersebut mengalami kerusakan selama konflik di awal abad ke-19, ketika digunakan sebagai benteng, dan kawasan yang rusak kemudian dipulihkan oleh Esenguly Bey sendiri pada tahun 1820-an. Masjid ini mengalami renovasi oleh arsitek Rusia pada tahun 1950an dan 1960an. 

Saat ini, tempat ini terkenal karena makna sejarahnya, arsitekturnya yang rumit, dan sebagai situs suci Islam. Masjid Esenguly kini menjadi tempat sejumlah kegiatan keagamaan, termasuk perayaan tahunan Naumachia, yang merupakan acara dua hari yang dihadiri ribuan orang dari seluruh penjuru negeri. 
Suasana pada hari Naumachia penuh kegembiraan dan kemeriahan, dengan orang-orang memanjatkan doa dan mendedikasikan lagu dan tarian perayaan kepada Allah. Anda harus mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Turkmenistan ini dalam tur Turkmenistan Anda.

Fakta Menarik 

1. Masjid Esenguly adalah salah satu masjid tertua di Asia Tengah, terletak di Mary, Turkmenistan, dan dibangun pada tahun 1221. 

2. Masjid ini merupakan simbol tasawuf masa lalu yang mengesankan dengan aula zikir bawah tanah untuk nyanyian dan tarian. 

3. Masjid Esenguly diyakini merupakan bagian dari jaringan tempat suci sufi yang mencakup Shah-i-Zinda di Samarkand (Uzbekistan), Pir Gazi Baba di Amul (Turkmenistan), dan Mausoleum Molla Hoja di luar Ashgabat (Turkmenistan). 

4. Masjid Esenguly memiliki pintu kayu berukir rumit yang dipugar oleh Cotton Road Project pada tahun 1993. 

5. Masjid ini terletak dalam jarak 30 meter dari sisa-sisa kota kuno, menunjukkan bahwa situs tersebut tidak banyak berubah selama 800-900 tahun terakhir. bertahun-tahun. 

6. Masjid Esenguly direnovasi oleh seorang arsitek dan ahli kerajinan Uzbekistan pada tahun 2010 dan sekarang dibuka untuk pengunjung.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus