Universitas Pertama di Dunia Didirikan oleh Seorang Wanita Muslim

N Zaid - Pendidikan 01/05/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Universitas Pertama di Dunia Didirikan oleh Seorang Wanita Muslim. Siapa pendirinya?

Universitas Al Quaraouiyine adalah salah satu universitas tertua dan pertama di dunia dan hal yang menarik adalah universitas ini didirikan oleh seorang wanita Muslim.

Fathimah Al-Fihri
Fatima Al Fihri adalah putri Muhammad, seorang saudagar. Fatima Al Fihri juga dikenal sebagai Ibu dari Anak Laki-Laki dan Nyonya Fez. Dia adalah wanita Muslim yang mendirikan universitas pertama di dunia.

Ia dilahirkan di Tunisia pada tahun 800 M, dan setelah itu, ia dipindahkan ke Fez. Beruntungnya, Ayahnya menjadi seorang pengusaha yang sangat terkenal dan kaya raya. Kemudian sepeninggal Ayah dan Kakaknya, Fatima Al Fihri ditinggal sendirian bersama adiknya yang bernama Marium.

Karena ayahnya sudah menjadi sangat kaya maka otomatis mewarisi sejumlah besar uang setelah kematian kakak dan ayahnya. Dia memutuskan untuk melayani orang-orang di komunitas untuk mendidik mereka.

Pada tahun 859 M, ia menginvestasikan uangnya untuk membangun Universitas Al Quaraouiyine di Maroko.

Kata orang, awalnya ini adalah masjid tempat mereka biasa mengajarkan Al-Quran dan Sunnah, namun setelah bertahun-tahun didirikan, masjid ini diubah menjadi Universitas.

Universitas Al Quaraouiyine telah mendidik banyak orang setiap tahun sejak tahun 859 M ketika Fatima Al Fihri memulainya. Universitas Al Quaraouiyine adalah universitas akademis pertama di dunia yang didirikan oleh seorang wanita Muslim.

Strukturnya tetap sama, dan merupakan salah satu situs terindah untuk dikunjungi ketika seseorang pergi ke Maroko.

Tidak hanya umat Islam, non-Muslim dari dunia Barat juga datang ke Universitas Al Quaraouiyine dan belajar kimia, fisika, dan lain-lain.

Fatima Al Fihri meninggal pada tahun 880 M, sejak saat itu Universitas Al Quaraouiyine telah mengajar banyak orang dan masih eksis!(theislamicinformation)
 


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus