Prancis Memberlakukan Larangan Abaya Pada Hari Pertama Sekolah

N Zaid - Diskriminasi Islam 04/09/2023
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Pihak berwenang Perancis pada hari Senin memberlakukan larangan yang baru diumumkan terhadap pakaian Muslim abaya bagi perempuan di sekolah. Pemerintah Prancis juga mengawasi lebih dari 500 sekolah ketika anak-anak di seluruh negeri kembali ke kelas.

Bulan lalu pemerintah mengumumkan pelarangan abaya di sekolah-sekolah, dengan mengatakan hal itu melanggar aturan sekularisme dalam pendidikan yang sudah melarang jilbab bagi umat Islam dengan alasan bahwa jilbab merupakan bentuk afiliasi keagamaan.
Tindakan ini menggembirakan kelompok sayap kanan, namun kelompok sayap kiri berpendapat bahwa tindakan tersebut merupakan penghinaan terhadap kebebasan sipil.

“Semuanya berjalan baik pagi ini. Tidak ada insiden untuk saat ini, kami akan terus waspada sepanjang hari agar para siswa memahami arti aturan ini,” kata Perdana Menteri Elisabeth Borne saat mengunjungi sebuah sekolah di Prancis utara.

Namun dia menambahkan bahwa ada “sejumlah” sekolah di mana anak perempuan datang dengan mengenakan abaya.

“Beberapa gadis muda setuju untuk menghapusnya. Kalau yang lain, kami akan berdiskusi dengan mereka, dan menggunakan pendekatan edukasi untuk menjelaskan bahwa ada undang-undang yang diterapkan,” tambahnya.

Kelompok sayap kiri menuduh pemerintahan Presiden Emmanuel Macron yang berhaluan tengah mencoba menerapkan larangan abaya untuk bersaing dengan Partai Nasional sayap kanan pimpinan Marine Le Pen dan bergeser lebih jauh ke kanan.

Menteri Pendidikan Gabriel Attal mengatakan kepada radio RTL bahwa pihak berwenang telah mengidentifikasi 513 sekolah yang mungkin terkena dampak larangan tersebut pada awal tahun ajaran.
Ada sekitar 45.000 sekolah di Prancis, dengan 12 juta siswa kembali bersekolah pada hari Senin.

Dia mengatakan pekerjaan telah dilakukan sebelum dimulainya tahun ajaran untuk melihat di sekolah mana hal ini dapat menimbulkan masalah, dan menambahkan bahwa pengawas sekolah yang terlatih akan ditempatkan di sekolah-sekolah tertentu.

Namun Attal mengatakan dia menentang penerapan larangan terhadap orang tua mengenakan pakaian yang memiliki makna keagamaan ketika mereka menemani anak-anak mereka jalan-jalan ke sekolah.

“Ada perbedaan antara apa yang terjadi di sekolah dan apa yang terjadi di luar sekolah. Yang penting bagi saya adalah apa yang terjadi di sekolah,” katanya.

Beberapa tokoh sayap kanan telah meminta pemerintah untuk mewajibkan anak-anak mengenakan seragam sekolah di sekolah negeri dan Attal mengatakan dia akan mengumumkan uji coba seragam pada musim gugur.

“Saya tidak yakin ini adalah solusi ajaib yang akan menyelesaikan semua masalah sekolah. Tapi saya pikir itu layak untuk diuji,” tambahnya.

Sebuah undang-undang yang diperkenalkan pada bulan Maret 2004 melarang “pengenaan tanda atau pakaian yang membuat siswa berpura-pura menunjukkan afiliasi agama” di sekolah.
Ini termasuk salib besar, kippa Yahudi, dan jilbab Islam.

Berbeda dengan jilbab, abaya – pakaian panjang dan longgar yang dikenakan untuk mematuhi keyakinan Islam dalam berpakaian sopan – berada di wilayah abu-abu dan hingga saat ini belum ada larangan langsung.(arabnews)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus