Macam-macam Nama Surga Beserta para Penghuninya

Octri Amelia Suryani - Surga Al-Quran 06/04/2022
Al Quran (Gambar oleh Fauzan My dari Pixabay) 1
Al Quran (Gambar oleh Fauzan My dari Pixabay) 1

Oase.id - Semua umat Islam pasti ingin masuk surga. Surga adalah balasan luar biasa yang disediakan Allah Swt untuk hamba yang dicintai-Nya dan taat kepada perintah-Nya.

Tahukah kamu? Surga itu memiliki banyak nama dengan arti dan tingkatan yang berbeda-beda.

Mengutip dari buku "Surga yang Allah Janjikan" yang ditulis Ibnul Qayyim al-Zaujiyyah, berikut ini nama-nama surga yang ada dalam Al-Quran:

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus adalah surga yang paling tinggi. Asal kata Firdaus adalah bustan yang artinya kebun. Ad-dhahak berpendapat Firdaus adalah taman yang dipenuhi pepohonan dan berudara sejuk. Serta hakikatnya Firdaus adalah kebun dengan segala sesuatu yang ada di dalamnya.

Ada beberapa ayat yang menyebutkan nama surga ini, yaitu pada surah Al-Kahfi ayat 107 dan Al-Mukminun ayat 9 – 11.

Berikut ini bunyi Q.S Al-Kahfi ayat 107 beserta artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً -١٠٧

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal. (QS. Al-Kahfi ayat 107)

Oleh sebab itu, surga Firdaus akan dihuni oleh mereka yang khusuk dalam ibadahnya.

2. Surga ‘Adn

Surga 'Adn berasal dari kata iqamah wad dawam, artinya tinggal untuk selamanya. Salah satu ayat yang menyebutkan surga ini yaitu Q.S. At-Taubah ayat 72 yang berbunyi:

وَعَدَ اللّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ وَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّهِ أَكْبَرُ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ -٧٢

Artinya: Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga 'Adn. dan keridoan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. (QS. At-Taubah ayat 72)

Surga ’Adn diperuntukkan bagi umat Islam yang melakukan perbuatan baik, sabar, berinfak dengan harta yang dimilikinya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

3. Surga Al-Na’im

Jannatun Na'im memiliki arti taman kenikmatan. Barang siapa yang berhasil masuk dalam surga na'im akan dipenuhi segala kenikmatan baginya. Dari mulai nikmat makan minum, pakaian, wewangian, pandangan tempat tinggal serta seluruh nikmat lahir dan batin yang tidak pernah dirasakan di dunia.

Nama surga ini juga disebutkan dalam Al-Quran tepatnya di surah Luqman ayat 8 – 9. Berikut bunyi ayat dan artinya:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ -٨- خَالِدِينَ فِيهَا وَعْدَ اللَّهِ حَقّاً وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ -٩

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, kekal mereka di dalamnya. Sebagai janji Allah yang benar dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Luqman: 8-9)

4. Surga Al-Ma’wa

Jannatul Ma'wa artinya tempat tinggal. Di mana dalam surga tersebut terdapat burung hijau yang membumbungkan jiwa para syuhada'. Serta di surga ini pula bersemayam jiwa-jiwa para syahid. Dan Atha' mengatakan bahwa di surga itu Jibril dan para malaikat bertempat tinggal. 

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Q.S. An-nazi'at ayat 40-41 yang berbunyi:

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ 

Artinya: "Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya." (Q.S. An-nazi’at ayat 40)

 فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ

"Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya)." (Q.S. An-nazi’at ayat 41)

5. Surga Darussalam

Darussalam adalah rumah keselamatan. Di mana Allah akan memberi keselamatan bagi pada penghuninya. Ayat yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Surat Yunus ayat 25:

وَاللّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلاَمِ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ -٢٥

Artinya: Allah menyeru (manusia) ke Dar as-Salam (surga) dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam). (Q.S. Yunus: 25)

Surga ini menjadi tempat kembali orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat Allah, dan beramal saleh.

6. Surga Darul Muqamah

Darul Muqamah adalah tempat tinggal yang abadi. Merupakan surga untuk orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Arti Darul Muqamah yaitu tempat tinggal orang yang tidak pernah lelah dan tidak merasa lesu. Nama surga ini disebutkan dalam Q.S. Fatir ayat 35:

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ -٣٥

Artinya: Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunianya-Nya, di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu. (Q.S. Fatir: 35)

7. Surga al-Maqamul Amin

Nama surga selanjutnya yaitu al-Maqamul Amin, yaitu tempat yang aman. Surga ini adalah tempat yang menyatukan semua sifat aman. Aman dari kehancuran, aman dari kekurangan dan kesulitan. Surga ini menjadi tempat bagi orang yang bertakwa. Sebagaimana disebutkan dalam Q.S. Ad-Dukhan ayat 51 yang berbunyi:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ -٥١

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman. (Q.S. Ad-Duhkan: 51)

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi yang diartikan sebagai rumah keabadian karena penghuninya tidak akan meninggalkannya sama sekali. Surga ini diperuntukkan bagi orang yang taat terhadap perintah Allah dan menjauhi larangannya. Surga Khuldi disebutkan dalam salah satu ayat Al-Quran yaitu di Q.S. Al-Furqan ayat 15 sampai 16.

قُلْ أَذَلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاء وَمَصِيراً -١٥- لَهُمْ فِيهَا مَا يَشَاؤُونَ خَالِدِينَ كَانَ عَلَى رَبِّكَ وَعْداً مَسْؤُولاً -١٦-

Artinya: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembal bagi mereka?” Bagi mereka di dalam surga itu apa yang mereka kehendaki, sedang mereka kekal (di dalamnya). (hal itu) adalah janji Tuhanmu yang patut dimohonkan (kepada-Nya). (Q.S. Al-Furqan ayat 15 – 16)

Demikian 8 nama-nama surga beserta penghuninya yang dapat Oase.id rangkum dari berbagai sumber. Semoga kita semua kelak menjadi penghuninya.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus