Inilah Tiga Golongan Orang yang Pertama Masuk Surga

Octri Amelia Suryani - Surga 08/04/2022
Ilustrasi Surga (Tumisu_Pixabay)
Ilustrasi Surga (Tumisu_Pixabay)

Oase.id - Surga diciptakan Allah untuk mereka yang senantiasa melakukan amal kebaikan. Meskipun setiap orang sangat menginginkannya, tetapi tidak semua orang dapat masuk ke dalamnya.

Umat muslim punya banyak cara untuk dapat masuk surga. Karena surga sendiri telah memiliki kriteria orang yang akan menetap di dalamnya. Oleh karenanya, semua tergantung kepada diri masing-masing ingin masuk dengan kriteria apa.

Selain itu, surga juga memiliki kriteria khusus untuk 3 golongan yang akan pertama masuk surga. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam HR. Tirmidzi.

Imam at-Tirmidzi, meriwayatkan dengan sanad hasan, dari Abu Hurairah, dari Nabi, beliau bersabda:

عرض على أول ثلاثة يدخلون الجنة شهيد وعفيف متعفف وعب
أحسن عبادة الله ونصح مواليه

Artinya: Aku ditunjukkan tiga orang pertama yang masuk surga: Orang yang mati syahid, orang yang suci dan menjaga kehormatan diri, serta budak yang beribadah kepada Allah dengan baik dan baik kepada tuannya.

Berdasarkan hadits di atas, terdapat tiga golongan manusia yang akan masuk surga pertama kali, di antaranya:

1. Orang yang mati syahid

Syahid merupakan seorang muslim yang meninggal ketika berperang dan berjuang di jalan Allah membela kebenaran. Atau mempertahankan hak dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menegakkan agama Allah.

Hal ini secara jelas dikemukakan Nabi dalam hadits berikut:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلشَّهِيدِ عِنْدَ اللَّهِ سِتُّ خِصَالٍ يُغْفَرُ لَهُ فِي أَوَّلِ دَفْعَةٍ وَيَرَى مَقْعَدَهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَيُجَارُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَيَأْمَنُ مِنْ الْفَزَعِ الْأَكْبَرِ وَيُوضَعُ عَلَى رَأْسِهِ تَاجُ الْوَقَارِ الْيَاقُوتَةُ مِنْهَا خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا وَيُزَوَّجُ اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ زَوْجَةً مِنْ الْحُورِ الْعِينِ وَيُشَفَّعُ فِي سَبْعِينَ مِنْ أَقَارِبِهِ (رواه الترمذي وابن ماجه)

Artinya: “Rasulullah ﷺ bersabda: Orang yang mati syahid di sisi Allah mempunyai enam keutamaan; dosanya akan diampuni sejak awal kematiannya, diperlihatkan tempat duduknya di surga, dijaga dari siksa kubur, diberi keamanan dari ketakutan yang besar saat dibangkitkan dari kubur, diberi mahkota kemuliaan yang satu permata darinya lebih baik dari dunia seisinya, dinikahkan dengan tujuh puluh dua bidadari dan diberi hak untuk memberi syafaat kepada tujuh puluh orang dari keluarganya." (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Orang fakir yang tidak meminta-minta

Orang fakir yang tidak meminta-minta termasuk golongan manusia yang masuk surga pertama kali. Hal itu karena mereka dapat menahan diri dari ketidakmampuan segi ekonomi dan kepandaian untuk memenuhi kebutuhannya.

Sabda Rasulullah dalam HR. Muslim: Penghuni surga itu ada tiga macam (yaitu); penguasa yang berlaku adil, jujur dan dikaruniai taufik- yakni pertolongan Allah untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, seorang penyayang dan lemah lembut kepada kerabatnya dan kepada sesama muslim dan seorang fakir yang menahan diri dari meminta-minta, meskipun ia mempunyai keluarga banyak (yang harus dinafkahi).

3. Budak yang taat beribadah kepada Allah

Golongan yang ketiga adalah budak yang beribadah dengan sebaik-baiknya dipenuhi dengan ketaatan kepada Allah Swt. Meski demikian, mereka tetap tanpa melupakan hak dan kewajiban dirinya kepada sang tuan.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus