Waspada Angin Kencang, Ini Doa yang Bisa Dibaca

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 28/02/2023
Hujan deras (Gambar oleh An283 dari Pixabay)
Hujan deras (Gambar oleh An283 dari Pixabay)

Oase.id - Kondisi iklim dan cuaca hari ini sedang tidak stabil. Sebab, angin kencang hampir terjadi setiap hari di masing-masing daerah. Maka, yang harus dilakukan kita sebagai manusia hanya bisa berwaspada. Selain itu, kita dianjurkan membaca doa agar selalu diberi keselamatan dimanapun berada.

Sebagai umat muslim yang taat, kita wajib mengikuti jejak junjungan kita Nabi Muhammad ﷺ. Termasuk apa yang dia lakukan ketika menghadapi suau keadaan. Salah satunya adalah membaca doa ketika menghadapi situasi angin kencang.

Diriwayatkan dalam kitab Shahih Muslim dari Aisyah Radiyallahu anhu (RA) ia mengatakan, ketika angin berhembus kencang Rasul selalu membaca doa ini.

Allaahumma innii as’aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi wa a’uudzubika min syarihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kebaikan angin ini, kebaikan aa yang di dalamnya, kebaikan apa yang dikirimkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angina ini, keburukan di dalamnya dan keburukan dari apa yang dikirim bersamanya.”

Disabdakan oleh Rasul dalam riwayat kitab Sunan Abu Dawud dan Ibnu Majah dengan sanad yang hasan, mengatakan bahwa angin termasuk nikmat Allah, yang terkadang membawa rahmat dan kadang membawa azab. Kata Rasul, jika melihatnya, segeralah memohon perlindungan kepada Allah dari kebaikan dan keburukan.

“Angin termasuk nikmat Allah, terkadang membawa rahmat dan terkadang membawa azab. Jika kalian melihatnya, maka janganlah mencacinya, memohonlah kepada Allah kebaikan darinya dan berlindung kepada Allah dari keburukannya.”

Aisyah Radiyallahu anhu (RA) dalam riwayat kitab Sunan Abu Dawud, an-Nasa’I, dan Ibnu Majah menuturkan, apabila Nabi ﷺ melihat mendung yang berbondong-bondong pada langit, beliau meninggalkan pekerjaannya meskipun sedang salat dan langsung membaca:

Allaahumma innii a’uudzubika min syarrihaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya.”

Dan, jika hujan turun disertai membaca:

Allaahumma shabbiyan haniia.

Artnya: “Ya Allah, semoga menjadikan hujan yang membawa berkah.”

Diriwayatkan juga dengan sanad yang sahih, dalam kitab Ibnu Sunni, dari Salamah bin al-Akwa, jika terjadi angin kencang Rasul membaca doa;

Allaahumma laqhan laa ‘aqiiman.

Artinya; “Ya Allah semoga angina ini adalah angina yang membawa air, bukan angina yang membawa kering.”

Demikian beberapa doa yang hendak dibaca saat angina kencang melanda agar kita semua terjaga dalam lindungan Allah Swt.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus