Bacaan Saat Menyembelih Hewan Kurban

N Zaid - Kurban 14/06/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Bacaan yang wajib yang harus diucapkan ketika orang menyembelih hewan kurban adalah membaca 'Bismillah'. Sebab menurut jumhur ulama bahwa syarat halal hewan yang disembelih adalah ketika menyembelih orang yang melakukannya membaca Bismillah. 

"Sementara bacaan yang lain sifatnya anjuran. Dan kalau kita baca dengan lengkap Insya Allah lebih sempurna," kata Ustaz Ammi Nurbaits dikutip dari channel YouTube ANB.

Disunnahkan membaca do’a agar diterimanya kurban dengan bacaan “Allahumma taqobbal minni” (Ya Allah, terimalah kurban dariku).  Dikutip dari laman Rumaysho, bacaan ini diucapkan setelah sebelumnya mengucapkan “bismillah”. 

Do’a ini dibaca jika menyembelih atas nama diri sendiri.

Sedangkan jika menjadi wakil orang lain, maka yang diucapkan adalah “Allahumma taqobbal min ….” (disebutkan nama shohibul kurban atau pemilik kurban). 

Selain bacaan itu, bisa pula menggunakan bacaan yang disebut dalam  QS Al Baqarah:127 berikut ini:

Rabbanaa taqabbal minnaa, innaka antas-samii'ul 'aliim.

Artinya: “Ya Rabb kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” 

Ada pula bacaan lain saat Menyembelih Qurban : Bismillah Wallahu Akbar, Allahumma minka wa ilaika, Fataqabbal min … (sebut nama shahibul qurban)

Artinya: Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, qurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah qurban …] (Sumber: Kifayah Al-Akhyar)

Kesimpulannya, bacaan yang wajib saat menyembelih adalah 'Bismillah'. Bila membaca dengan redaksi yang lebih panjang atau lebih lengkap Insha Allah lebih sempurna. Semoga bermanfaat untuk diamalkan saat menyembelih hewan kurban.(rumaysho,anb)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus