Renovasi Selesai, Masjid Istiqlal Siap Digunakan Saat Iduladha

Medcom.id - Masjid 23/07/2020
Photo by Kementerian PUPR
Photo by Kementerian PUPR

Oase.id- Renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai pada Mei 2019 telah selesai dan siap diresmikan. Masjid Istiqlal sudah dapat digunakan saat Iduladha.

"Renovasi Masjid Istiqlal sudah 100 persen dan sudah dilakukan provisional handover (PHO). Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Iduladha. Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, melansir Medcom.id, Kamis, 23 Juli 2020.

Basuki mengatakan renovasi Masjid Istiqlal untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu ini berjalan baik, utamanya pada pekerjaan lansekap dan pencahayaan.

"Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga sudah dicek Bapak Presiden, lighting juga sudah kita coba tadi," ungkap Basuki.

Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage dengan anggaran sebesar Rp475 miliar.

Pekerjaan penataan kawasan meliputi pengembalian aksis Monas dan perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tepi/tanggul sungai, penambahan gedung parkir lapis 2 (basement), perbaikan kantin, dan penambahan area PKL.

Pekerjaan arsitektur mencakup pekerjaan fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet, dan kamar mandi.

Pekerjaan interior di antaranya adalah interior ruang salat utama, area VIP dan perkantoran pengurus masjid.

Pekerjaan MEP di antaranya adalah perbaikan sistem MEP keseluruhan bangunan, instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pekerjaan signage meliputi pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

Di samping pekerjaan di atas, untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan covid-19 akan dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL).


(FER)
TAGs:
Posted by Fera Rahmatun Nazilah