Surah Al-Quran yang Bisa Hindarkan Manusia dari Siksa Kubur

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 07/03/2021
Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay
Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay

Oase.id - Salah satu surah dalam Alquran yang bisa hindarkan manusia dari siska kubur adalah surah Al-Mulk. Surah Al-Mulk atau disebut kerajaan yaitu surah yang menjelaskan tentang Tuhan yang menguasaai alam semesta serta mengetahui semua rahasia langit dan bumi. Surah ini tergolong atas surat Makkiyah, yang terdiri atas 30 ayat.

Surat ini disebut juga dengan At Tabaarak yang berarti Maha suci. Dengan membaca surat Al Mulk, dapat menjauhkan diri dari maksiat, hingga dihindarkan dari siksaan kubur.

Mengutip dari buku tajwid Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

سُوْرَةُ تَبَارَكَ هِيَ الْمَانِعَةُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ 

“Suu ratu tabaaraka hiyal maa ni’atu min adzaabil qobri”

Artinya:
"Surat tabarak (Al-Mulk) adalah pencegah azab kubur" (Hadits sahih dari Abdullah bin Mas'ud).

Rasulullah pun bersabda:

مِنَ القُرْآن سُوْرَةٌ ثَلَا ثُوْنَ آيةً شَفَعَتَ فِي صَا حِبِهَا حَتَّى غُفِرَ لَهُ وهِيَ تَبَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

“Minal qur’aani suuratun tsalaatsuuna aayatan syafa’ata fii shoohibihaa hattaa ghufira lahi wa hiyabtabakaladzi biyadil mulku.”

Artinya:
“Di antara Alquran ada sebuah surah yang berjumlah 30 ayat yang bisa memberi syafaat bagi pembacanya, sampai doa diampuni, yaitu Tabaarakalladzi Biyadikal mulk (Al Mulk).” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus