Luar Biasa! Ini 4 Kedahsyatan Mengamalkan Ayat Kursi Setiap Hari

Phooby Kamaratih - Surah Al Quran Ayat Kursi 25/02/2022
Photo by Alena Darmel from Pexels
Photo by Alena Darmel from Pexels

Oase.id - Ayat kursi kerap dikaitkan dengan ayat untuk mengusir jin dan melindungi manusia dari hal-hal yang jahat. Tapi, tahukah kamu, bahwa salah satu riwayat menjelaskan bahwa saat ayat ini diturunkan, Allah Swt mengutus Malaikat JIbril yang mendapatkan pengawalan 70.000 malaikat ketika turun ke bumi.

Berikut bacaan ayat kursi atau surah Al-Baqarah ayat 255 :

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya : “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Selain dua hal di atas, ternyata ayat kursi juga memiliki sejumlah kedahsyatan apabila kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, Oase.id telah merangkum apa saja kedasyatan dari ayat kursi, yuk simak!

1. Penjagaan dari malaikat

Seseorang yang mengamalkan ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari, Allah telah memerintahkan 70.000 malaikat untuk menjaga manusia dari segala macam keburukan, terutama saat sedang berada di luar rumah.

Selain itu, ketika seseorang mengamalkan ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan menurunkan dua malaikat untuk menjaga tidurmu hingga pagi. Salah satu riwayat menjelaskan bahwa Nabi Muhammad ﷺ sering membaca ayat kursi sebelum masuk rumah agar menjadi penghalang bagi syaitan.

2. Membuka pintu rezeki

Allah Swt akan membukakan pintu rezeki yang seluas-luasnya bagi mereka yang mengamalkan ayat kursi setiap hari. Selain itu ayat kursi juga akan mempermudah seseorang untuk memahami pengetahuan baru, hal ini tentu menjadi salah satu rezeki yang dihadirkan oleh Allah agar manusia lebih mudah untuk mendekati hal yang baik dan menjauhi hal buruk.

3. Dikabulkan seluruh doanya

Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung, maka bagi siapapun yang mengamalkannya Allah akan mengabulkan doa doanya. Sebagaimana Hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah,

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

"Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha." (HR. Ibnu Majah)

4. Diperkenankan masuk surga

Ayat kursi dianjurkan untuk dibaca setiap hari terutama setelah melaksanakan salat fardhu, salah satu alasannya adalah Allah akan memperkenankan mereka yang mengamalkan ayat kursi untuk masuk surga.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

"Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap salat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati." (HR. Thabrani)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus