6 Keutamaan Membaca Surah Al-Ikhlas, Yuk Amalkan

Octri Amelia Suryani - Surah Al Ikhlas Surah Al Quran Al-Quran 22/07/2022
Al-Quran (AhmadArdity_Pixabay)
Al-Quran (AhmadArdity_Pixabay)

Oase.id - Surah Al-Ikhlas bagi umat Islam tentu tidak asing. Surat ke-112 dalam Al-Quran yang termasuk dalam surat Makkiyah ini sangat populer karena mudah dihafal dan arti yang mudah dimengerti serta mengandung keutamaan luar biasa.

Dikutip dari berbagai referensi, Selasa (19/7/2022), berikut beberapa keutamaan membaca Surah Al-Ikhlas bagi seorang muslim:

6 Keutamaan membaca Surah Al-Ikhlas

1. Setara dengan sepertiga Al-Quran

Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi:

عَنْ أَبِى الدَّرْدَاءِ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِى لَيْلَةٍ ثُلُثَ الْقُرْآنِ ». قَالُوا وَكَيْفَ يَقْرَأُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالَ « (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) يَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ ».

Artinya: “Dari Abu Darda’ bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-Qur’an dalam semalam?’ Mereka mengatakan: ‘Bagaimana kami bisa membaca seperti Al-Quran?” Lalu Nabi bersabda: ‘Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al-Quran.” (HR Muslim)

2. Dicintai Allah Swt

Bagi seorang muslim yang membaca surat Al-Ikhlas maka ia akan mendapat kecintaan dari Allah Sang Maha Kuasa. Sebagaimana dikatakan oleh A’isyah ra. bahwa Rasulullah ﷺ pernah mengutus seseorang kepada sekelompok pasukan, dan ketika orang itu menjadi imam dalam salat ia membaca Qul Huwallahu Ahad. Ketika kembali pulang, mereka menceritakan hal tersebut kepada Rasulullah ﷺ.

Lalu, Rasulullah bersabda: “Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?” Lalu mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab: “Karena surah ini (mengandung) sifat ar-Rahman, dan aku cinta untuk membaca surah ini”. Lalu Rasulullah ﷺ bersabda: “Beritahu dia, sesungguhnya Allah pun mencintainya.”

3. Baca 3 kali sama seperti mengkhatamkan Al-Quran

Sangat luar biasa keutamaan surat Al-Ikhlas. Apabila dibaca dalam bilangan tertentu yaitu sebanyak tiga kali, maka akan mempunyai pahala seperti membaca 30 Juz Al-Quran.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Barangsiapa membaca surah Al-Ikhlas sekali, maka seakan-akan dia membaca sepertiga Al-Quran, dan barangsiapa membacanya dua kali, maka seakan-akan membaca duapertiga Al-Quran, dan barangsiapa membacanya tiga kali, seakan-akan ia membaca Al-Quran seluruhnya.” (HR. Anas bin Malik)

4. Baca 10 kali akan dibangunkan istana di surga

Dalam sebuah hadis disebutkan, Dari Mu’ădz bin Anas al-Jahni, sahabat Nabi, dari Rasulullah ﷺ yang bersabda: Barangsiapa yang membaca ‘qul huwa allah al-‘ahad hingga menghatamkannya sebanyak sepuluh kali, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana di dalam surga. Maka berkata Umar bin Khatab, ‘jika lebih banyak lagi Ya Rasulullah ﷺ?’, Rasulullah ﷺ menjawab: Allah memperbanyak (menambahkannya) dan membaikkan (membalasnya dengan yang lebih baik. (HR. At-Thabrani)

5. Mendapatkan pengampunan dosa selama 50 tahun

Keutamaan surah Al-Ikhlas selanjutnya dapat menjadi sarana menghapus dosa. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa dari Anas bin Malik, Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa yang membaca ‘qul huwa allahu ‘ahad’ sebanyak lima puluh kali, niscaya Allah akan mengampuni dosanya selama 50 tahun.” (HR. Ad-Darimi)

6. Doanya akan diijabah

Seorang muslim yang menyertakan surah Al-Ikhlas dalam setiap permohonan atau saat memanjatkan doa, Insyaallah akan dikabulkan apa yang ia inginkan. Dari ‘Abdullah bin Buraidah bahwa Rasulullah ﷺ mendengar seseorang berkata: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, Sungguh Engkau Allah dzat yang ‘Ahad, yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya’."

Maka Rasulullah ﷺ pun bersabda: "Sungguh, dia meminta kepada Allah dengan Nama-Nya yang agung, yang jika seseorang meminta dengan Nama tersebut, maka permintaannya akan diberikan, dan jika berdoa dengan nama tersebut, maka doanya akan dikabulkan." (HR. Ahmad)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus