Dahsyat, Inilah Makna dan 3 Kebaikan dari Membaca Surat Al Kautsar

Phooby Kamaratih - Surah Al Quran Al-Quran Surah Al Kautsar 06/01/2022
Photo by Alena Darmel from Pexels
Photo by Alena Darmel from Pexels

Oase.id - Al-Kautsar merupakan surah ke-108 dalam Al-Quran, tergolong dalam surah Makkiyah dalam Al-Quran dan hanya memiliki 3 ayat. Surah Al-Kautsar mengandung arti nikmat yang luar biasa dari Allah Swt.

Surah ini diturunkan kepada Rasulullah ﷺ dikarenakan suatu alasan yaitu kesedihan. Saat itu Rasulullah ﷺ ditinggalkan dua orang yang sangat dikasihi. Oleh sebab itu, surah ini berfungsi sebagai penghibur Rasulullah ﷺ.

Berikut bunyi Surah Al Kautsar:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

Innaa a'taina kal kauthar

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.”

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fa salli li rabbika wanhar

“Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Inna shani-aka huwal abtar

“Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).”

BACA: Masya Allah, Inilah 3 Keagungan Surah An-Nasr

Lalu apa saja kebaikan yang diperoleh dari membaca Al-Kautsar? Berikut Oase.id melansir dari beberapa sumber mengenai surah Al-Kautsar. Yuk simak!

Makna surah Al-Kautsar

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan shahih Muslim. Dari Anas, ia berkata, suatu saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di sisi kami dan saat itu beliau dalam keadaan tidur ringan (tidak nyenyak). Lantas beliau mengangkat kepala dan tersenyum. Kami pun bertanya, “Mengapa engkau tertawa, wahai Rasulullah?” “Baru saja turun kepadaku suatu surat.” Lalu beliau membaca, (QS. Al Kautsar: 1-3). Kemudian beliau berkata, “Tahukah kalian apa itu Al Kautsar?” “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”, jawab kami. Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِنَّهُ نَهْرٌ وَعَدَنِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ هُوَ حَوْضٌ تَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ النُّجُومِ فَيُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُمْ فَأَقُولُ رَبِّ إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِى. فَيَقُولُ مَا تَدْرِى مَا أَحْدَثَتْ بَعْدَكَ

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku ‘azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nanti akan didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebagian hamba yang tidak bisa minum dari telaga tersebut.  Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa mereka telah berbuat bid’ah sesudahmu.” (HR. Muslim no. 400).

Keutamaan surah Al Kautsar

1. Mengatasi rasa sedih

Surah Al-Kautsar akan memberikan perasaan ketenangan dengan menghilangkan perasaan sedih yang dirasakan Hamba-Nya. Dengan cara mengamalkan surat ini setelah salat dan Allah akan memberikan banyak nikmat.

2. Bukakan pintu rezeki

Rezeki merupakan salah satu nikmat dari Allah Swt, dengan mengamalkan surah Al Kautsar maka Allah akan membantu membukakan banyak pintu rezeki sehingga yang diperoleh akan lebih banyak dan berkah.

3. Menjadi lebih bersyukur

Mengamalkan surah Al-Kautsar mampu membuat kita sebagai hamba Allah swt untuk lebih bersyukur atas nikmat yang lebih diberikan melalui salat dan berkurban. Lalu dengan ini akan menjadi kita lebih dekat Allah swt.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus