Bisa Mendatangkan Rezeki, Ini 3 Keistimewaan Surat Al-Waqiah

Phooby Kamaratih - Surah Al Quran Surah Al Waqiah Syafaat 16/12/2021
Photo by Muhammadtaha Ibrahim Ma'aji from Pexels
Photo by Muhammadtaha Ibrahim Ma'aji from Pexels

Oase.id – Surah Al-Waqiah merupakan surah ke 56 dalam juz 27 yang terdiri dari 96 ayat. Surat ini menceritakan tentang bagaimana hari kiamat dan balasan bagi seluruh umat, hari kebangkitan dan menjelaskan tentang penciptaan manusia, api, juga makhluk hidup lain.

Banyak kebaikan yang akan diperoleh seorang muslim apabila mereka membaca surat Al-Waqiah setiap hari. Hal ini pun tertulis dalam salah satu hadis, Rasulullah ﷺ Bersabda “Barang siapa yang membaca surat al-waqiah setiap harinya maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran”.

Melansir dari berbagai sumber, kali ini Oase.id membahas tiga keistimewaan dari membaca surh Al-Waqiah, Yuk Simak!

1. Dijauhkan dari kemiskinan

Surah Al-Waqiah dikenal sebagai salah satu surah yang akan mendatangkan rezeki dan terlepas dari kemiskinan. Dalam sebuah riwayat, Khalifah Utsman bin Affan hendak memberikan sejumlah harta untuk Abdullah bin Mas’ud serta putra-putranya. Namun, Abdullah bin Mas’ud menolak dan menjelaskan kepada Utsman bahwa dirinya dan seluruh putra tidak takut akan kemiskinan.

Ia mengatakan bahwa dia dan putranya telah mengerjakan satu amalan yang sudah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. “Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka sudah ku suruh membaca Surat Al Waqiah setiap malam,” kata Abdullah bin Mas’ud ketika sakit menjelang wafat.

Kemudian Abdullah menyampaikan sabda Rasulullah ﷺ yang pernah didengarnya:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Barangsiapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Dalam sumber lain, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir yang diriwayatkan Anas.

وْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ

“Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surah Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian” (HR. Ibnu Murdawaih)

Dalam Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn, Imam Ja’far Ash-Shadiq menjelaskan “Barangsiapa yang membaca surah Waqiah pada malam jum’at, ia akan dicintai oleh Allah SWT, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, dipenuhi kebutuhannya, dan dijauhkan dari penyakit dunia; surah ini merupakan bagian dari sahabat Amirul Mukimin  yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.”

2. Mendapatkan Syafaat

Seorang Muslim yang rajin dan selalu mengamalkan surah Al-Waqiah, maka di akhirat nanti ia akan memperoleh syafaat. Sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah ﷺ bersabda : “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surah Al-Waqiah, dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.”

3. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Selain memberikan banyak kebaikan rejeki, membaca surah Al-Waqiah akan mendapatkan ketenangan baik dari segi jiwa maupun raganya. Hal ini ditulis dalam Tsawabul A’mal hal 117, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surah Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus