Masjid Hassan II Dibangun di atas Samudera Atlantik dan punya menara tertinggi di dunia

N Zaid - Masjid 24/11/2022
Masjid Hassan II.Foto atlasobscura
Masjid Hassan II.Foto atlasobscura

Oase.id - Butuh lebih dari tujuh tahun dan 10.000 pengrajin untuk membangun Masjid Hassan II, yang memadukan arsitektur tradisional Moor dengan indah dengan inovasi dan peralatan abad ke-20. Namun hasilnya menakjubkan sebagai sebuah penghargaan bagi Raja Maroko.

Meski hanya masjid terbesar ke-7 di dunia, Hassan II mengklaim gelar memiliki menara tertinggi di dunia dengan tinggi 210 meter. Ditutupi dengan lampu sorot yang menyinari timur menuju Mekah, menara yang menjulang di atas Samudera Atlantik. Hampir seperti mercusuar posisinya, Hassan II juga dibangun langsung di Samudera Atlantik di tanah reklamasi, yang dilakukan dengan maksud oleh arsitek untuk mengingat ayat Al-Qur'an yang menyatakan bahwa “Arsy Allah dibangun di atas air. ”

Konstruksi terakhir membutuhkan 2.500 orang yang bekerja sepanjang waktu. Selain keindahan masjid yang rumit dan ukuran yang luar biasa, masjid ini juga dibangun dengan pertimbangan modern. Masjid ini tahan gempa dan juga memiliki fitur atap geser dan lantai berpemanas.

Masjid ini dapat menampung 105.000 jemaah. Ruang utama dapat menampung 25.000 dan di bagian yang terbuka bisa menampung 80 ribu jemaah.

Sejarah pembangunan masjid
Konsep pembangunan masjid Hassan II muncul setelah kematian Raja Mohammed V pada 1961. Raja Hassan memerintahkan para seniman di negara itu untuk mewujudkan rencananya membangun masjid yang megah untuk mendiang raja. 

Dijadwalkan pembangunan rampung pada 1989, pada ulang tahun Hassan ke 60 tahun. Namun, konstruksinya ternyata belum selesai saat itu, dan peresmiannya pun akhirnya ditunda. 

Peresmian akhirnya baru bisa dilaksanakan pada 11 Rabi Al Awwal 1414 H atau 30 Agustus 1993.

Tips untuk berkunjung 
Masjid ini dibuka untuk turis, meski non muslim. Pengunjung pun tidak perlu menutupi kepala, tetapi lutut dan bahu harus tertutup. Tur berlangsung Sabtu hingga Kamis pukul 09.00, 10.00, 11.00, siang, 15.00. dan 16:00 dan Jumat pukul 09:00, 10:00, 11:00, 15:00 dan 4 sore. 

Periksa situs web untuk perubahan jadwal selama Ramadhan. Peserta harus melepas sepatu mereka (rencanakan kaus kaki Anda sesuai), tetapi Anda disediakan tas kecil untuk membawanya dalam tur Anda. Parkir bawah tanah tersedia di dekatnya.(atlasobscura)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus