Badan Amal di Muslim di Inggris Coba Pecahkan Rekor Dunia Donor Darah

N Zaid - Amalan 28/08/2022
Relawan Who Is Hussain. Foto Dok
Relawan Who Is Hussain. Foto Dok

Oase.id - Sebuah badan amal Muslim Inggris sedang mencoba untuk memecahkan rekor dunia pada hari Sabtu untuk jumlah donor darah terbesar dalam satu hari, karena persediaan darah NHS  (Pelayanan Kesehatan Nasional Britania) semakin menipis.

Sebagai bagian dari kampanye, yang disebut #GlobalBloodHeroes, pusat donor darah di Inggris, dan lusinan pusat lainnya di negara-negara termasuk Irak dan Thailand di enam benua, akan berusaha mengumpulkan darah dari 50.000 orang. Sumbangan dimulai di sebuah pusat di Selandia Baru dan akan berakhir di AS.

Inisiatif ini berasal dari lembaga sukarelawan Who Is Hussain, yang memiliki kegiatan amal dan grup aksi dengan lingkup internasional.

Sekitar 600 orang telah mendaftar untuk menyingsingkan lengan baju mereka dan menyumbangkan darah di pusat-pusat di seluruh Inggris. "Saya mencoba memesan sendiri hari ini dan mereka tidak punya slot tersisa," kata Naz Shah, anggota parlemen untuk Bradford West, yang mengunjungi pusat donasi di Leeds. “Ini memberi tahu Anda seberapa positif kampanye ini.”

Donor darah di Inggris sangat kurang dari komunitas kulit hitam, Asia dan etnis minoritas (BAME), yang lebih mungkin mengembangkan tekanan darah tinggi, diabetes dan beberapa bentuk hepatitis daripada orang kulit putih, menurut NHS.

Tahun lalu, kurang dari 6% donor darah NHS di Inggris berasal dari orang-orang dari latar belakang BAME. Kondisi darah seperti penyakit sel sabit dan talasemia paling sering mempengaruhi komunitas BAME. Donor darah dan penerima dari latar belakang etnis yang sama lebih mungkin untuk cocok.

Meskipun jumlah orang Asia yang mendonorkan darah meningkat 20% dalam tiga tahun terakhir, kekurangan donor BAME secara keseluruhan tetap ada.

“Saya pikir kita harus mendorong sumbangan, terutama untuk komunitas etnis minoritas, karena kita bukan pendonor darah terbesar,” kata Shah. “Dari perspektif Muslim, kami adalah pemberi amal terbesar. Tetapi apakah kita melihat hal itu dalam hal mendonorkan darah? Ada semua percakapan yang bisa dilakukan. ”

Kampanye #GlobalBloodHeroes bertepatan dengan Muharram, bulan pertama dalam kalender Islam, yang sangat penting bagi umat Islam yang memperingati warisan Hussain, cucu nabi Muhammad, yang dibantai bersama keluarganya 1.400 tahun yang lalu setelah dia menolak memberikan kesetiaan kepada seorang pemimpin korup yang berusaha menggantikan ayahnya.

Richard Okorogheye dan ibunya, Evidence Joel. Joel mengatakan setiap kali dia mendapat transfusi darah, 'Anda bisa melihat masa depan yang lebih cerah'. Ibu Richard Okorogheye bergabung dengan seruan untuk donor darah hitam

Aimen Al-Diwani, 31, seorang sukarelawan yang memimpin donasi di pusat donor darah NHS di Leeds, mengatakan peristiwa bersejarah yang signifikan ini, dan prinsip Islam di mana menyelamatkan satu nyawa dibandingkan dengan menyelamatkan umat manusia, memotivasi keputusannya untuk menjadi sukarelawan untuk kampanye tersebut.

“Saya terinspirasi dari kisah Hussain,” kata Al-Diwani. “Melalui cerita itu, ini adalah cara bagi kita untuk dapat mengingatnya melalui tindakan dengan mendonorkan darah dan mengambil kisah yang sama tentang pengorbanan diri untuk kemanusiaan, dalam gerakan sederhana dan kecil hanya dengan mendonorkan darah yang membutuhkan waktu kurang dari satu jam. waktumu."

NHS bertujuan untuk memiliki pasokan enam hari dari setiap golongan darah. Namun, di tengah kekurangan staf di pusat donasi NHS dan kekurangan donor darah karena pandemi Covid, stok semakin menipis. Pusat Darah dan Transplantasi NHS mengeluarkan permohonan mendesak bulan lalu agar orang-orang maju untuk menyumbang.

“Kami berada di momen paling menantang dalam pandemi ini,” kata Altaf Kazi, perwakilan untuk Darah dan Transplantasi NHS. “Kami membutuhkan orang untuk menyumbang selama musim panas untuk membantu memulihkan stok darah dari empat hari menjadi enam hari biasa.

“Sekarang ada peningkatan besar pada pasien dari latar belakang etnis minoritas yang membutuhkan darah. Kami membutuhkan lebih banyak orang seperti donor Who is Hussain yang luar biasa untuk mengambil langkah penting berikutnya untuk mulai menyelamatkan nyawa.”.

Dengan 36.000 orang terdaftar untuk mendonorkan darah di seluruh dunia untuk kampanye #GlobalBloodHeroes, apakah upaya global ini akan berhasil memecahkan rekor dunia akan ditentukan dalam dua minggu ke depan.(guardian)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus