13 Keutamaan Membaca Kalimat Laa Ilaaaha Illallaah

Siti Mahmudah - Dzikir Hukum Islam 06/10/2021
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)

Oase.id - Banyak nian amalan yang dapat dillakukan oleh umat Muslim dalam mengharap rida Allah Swt. Salah satunya yakni berzikir mengucapkan kalimat “Laa ilaaha illallaah”.

Laa ilaaha illallaah memiliki arti Tiada Tuhan Selain Allah. Hal ini merupakan bentuk kyakinan kita terhadap sang pencipta. Selain bentuk kepercayaan kita kepada Allah, kalimat Laa ilaaha illallaah ternyata memiliki banyak keutamaan apabila sering kita lafalkan.

Berikut ini Oase.id merangkum 13 keutamaan membaca kalimat “Laa ilaaha illallaah”. 

1. Menolak kekafiran

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Al-Fakihani berkata: “Bahwasannya membiasakan menyebutnya ketika memasuki rumah, maka dapat menolak kekafiran.”

2. Menghapus dosa besar 

“Siapa yang membaca “Laa ilaaha illallaah” dengan memanjatkannya, maka gugurlah baginya 4.000 dosa besar.”

3. Mengampuni keluarga dan tetangga

Pernyataan tersebut membuat para sahabat Nabi bertanya, “Wahai Rasulullah, jika ia tidak mempunyai suatu dosa besar?” Nabi menjawab, “Dapat mengampuni keluarganya dan tetangganya”. Hadis di atas diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahih Bukhari Muslim.

4. Hari kiamat wajahnya bagaikan bulan purnama

Rasul bersabda: “Siapa setiap hari membaca “Laa ilaaha illallaah muhammadur Rasulullah” (Tidak ada Tuhan selain Allah, Nabi Muhammad adalah utusan Allah) sebanyak 100 kali, maka ia datang pada hari kiamat mukanya bagaikan bulan purnama.”

5. Zikir paling utama

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Zikir yang paling utama adalah “Laa ilaaha illallaah” dan doa yang paling utama adalah “Alhamdulillah.”

6. Aman dari siksa Neraka

Diriwayatkan oleh Imam Turmudzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim dari Jabir, Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda, Allah Swt dalam hadis qudsi.

Artinya: “Laa ilaaha illallaah ucapan-Ku, dan Aku adalah Allah, siapa membacanya maka ia masuk benteng-Ku, dan siapa masuk benteng-Ku maka ia aman dari siksa-Ku.”

Rasul pun bersabda lagi: “Laa ilaaha illallaah adalah bentengku, dan siapa masuk bentengku, maka ia aman dari siksa Allah.”

7. Menyempurnakan zakat badan

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah  zakat badan-badanmu dengan ucapan “Laa ilaaha illallaah”. 

8. Menolak sembilan puluh sembilan pintu bencana

Dinukil dari Ibnu Abbas Radiyallahu anhu (RA), Rasul bersabda: “Sesungguhnya ucapan Laa ilaaha illallaah dapat menolak dari pembacanya sembilan puluh sembilan pintu bencana, yang terendah adalah kedudukan.”

9. Penuntun ke surga

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Siapa membaca Laa ilaaha illallah, maka keluarlah dari mulutnya seekor burung hijau dengan dua sayap putih yang berkulit dengan mutiara dan yakut, ia naik ke langit dan diperdengarkan padanya suara di bawah arasy bagaikan suara lebah, lalu dikatakan padanya, ‘diamlah’.

Sahutnya, ‘tidak, sehingga engkau mengampuni saudaraku’. Maka ia mengampuni pembacanya. Kemudian dijadikanlah pada burung itu tujuh puluh mulut yang memohonkan ampunan pada sahabatnya sampai hari kiamat. Maka jika terjadi  kiamat, burung itu datang sebagai penuntunnya dan penunjuknya ke surga.”

10. Mendapat ampunan dosa yang lalu dan akan datang

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah dari seorang hamba yang membaca Laa ilaaha illallah muhammadur rasulullaah melainkan Allah swt berfirman: ‘Benarlah hamba-Ku, Aku adalah Allah, tidak ada Tuhan melainkan Aku. Aku menjadikan saksi kamu semua hai para malaikat-Ku, Aku benar-benar telah mengampuninya dari dosanya yang telah berlalu dan yang akan datang.”

Maksud yang diampuni dalam dosa tersebut adalah dosa-dosa kecil.

11. Masuk surga

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Siapa membaca Laa ilaaha illallaah dengan ikhlas semata-mata karena Allah, maka dia masuk surga.” 

12. Menghapus dosa kecil

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Siapa mengucap Laa ilaaha illallaah muhammadur rasulullah satu kali, maka dosa kecilnya diampuni sekalipun dosa-dosa itu seperti buih lautan.”

13. Mengangkat sejuta derajat

Nabi Shallaallahu alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang mu’min lewat di atas kuburan lalu membaca ‘Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarika lah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wahuwa hayyun laa yamuutu biyadihil khairu wahuwa ‘alaa kulli syai'in qadiir’, Maka Allah menerangi seluruh kubur itu dan mengampuni pembacanya, menulis baginya sejuta kebaikan, mengangkat baginya sejuta derajat, dan menghapus baginya sejuta kejelekan (dari dosa-dosa kecil).”

Demikian beberapa keutamaan membaca kalimat Laa ilaha illallaah. Semoga senantiasa diberi keberkahan bagi para pembacanya.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam syarh kitab Tanqihul Qaul Lubabul Hadits karya Syekh Nawawi Al-Bantani


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus