3 Keutamaan Berzikir, Yuk Kita Amalkan

Siti Mahmudah - Dzikir 20/12/2023
Ilustrasi Berzikir (Gambar oleh Konevi dari Pixabay)
Ilustrasi Berzikir (Gambar oleh Konevi dari Pixabay)

Oase.id - Zikir merupakan salah satu Ibadah yang dikerjakan bagi seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. sebab, dalam melakukan kehidupan sehari-hari di dunia ini, seorang manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa.

Dengan berzikir diharapkan segala kesalahan dan dosa diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana yang terkandung dalam Q.s An-Nisa ayat 103:

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan salatmu, ingatlah Allah di waktu pagi berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring”.

Berzikir merupakan sebuah aktivitas seorang muslim dengan menyebut nama Allah bertujuan mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan mengharapkan diampuni.

Berikut Oase.id meringkas keutamaan berzikir, sebagai berikut:

1. Dapat Ampunan Dosa
Dengan berzikir, seseorang dapat diampuni dosanya sebagaimana yang telah Rasulullah sampaikan melalui sebuah hadits, yang artinya:

“Barangsiapa bertasbih (mengucap subhanallah) setiap habis salat 33 kali, dan bertahmid (mengucap alhamdulillah) 33 kali, dan bertakbir (mengucap Allahu Akbar) 33 kali serta menggenapi seratus dengan : laa ilaha illallah wahdahu la syari kalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa hu wa ‘ala kulli syai-in qadir (tidak ada tuhan selain Allah sendiri tiada sekutu bagi-Nya segala kekuasaan dan segala puji. Dia menghidupkan dan mematikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu), maka diampunilah dosa-dosanya walaupun seperti buih laut."

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi dengan Huruf Latin Beserta Artinya

2. Mendapatkan ketenangan
Seorang muslim jika setelah melakukan zikir, mengingat Allah subhanahu wa ta’ala, maka yang didaptakan yakni ketenangan secara lahir dan batin. 

3. Mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala (Taqarrub ilallah)
Seorang muslim yang hidup di dunia ini, selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sebab, manusia selalu membutuhkan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala. 

Demikian penjelasan tentang keutamaan berzikir, semoga bermanfaat.
Wallahu ‘Alam bi shawab.

Sumber: Disarikan dari keterangan Kitab Mukhtashar Ihya ‘ulmuddin Karya Imam Al-Gazhali yang diterjemahkan oleh Zeid Husein Al-Hamid


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus