Menag Minta KBIHU Jangan Membuat Jemaah Kelelahan

N Zaid - Haji 16/07/2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto Kemenag

Oase.id - Setelah puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina tidak sedikit jemaah haji yang mengalami kelelahan. Salah satu pangkal permasalahnya, karena jemaah memaksakan diri melaksanakan ritual sunnah dan mengikuti program dari Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas prihatin dengan kondisi itu. Ia pun meminta KBIHU untuk lebih mementingkan kesehatan jemaah dalam penyusunan programnya.

"Temuan kita, masih banyak jemaah haji yang memaksakan diri melaksanakan ritual sunnah. Termasuk program dari KBIHU itu menurut kami perlu lebih memperhatikan kondisi jemaah," terang Gus Men, panggilan akrabnya, usai memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji di Jeddah, seperti dikutip dari Kemenag, Sabtu (17/7/2022). 

Hadir delegasi Amirul Hajj, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, tim pengawas,  stafsus Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief beserta jajarannya, serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Menteri Yaqut pun mengungkapkan pihaknya akan mengadakan rapat dengan KBIHU. Tujuannya, untuk bersama-sama membahas pengorganisasian jemaah dalam beribadah.

"Nanti malam kita akan rapat dengan KBIHU untuk membahas bersama agar dalam mengorganisir jemaah untuk beribadah sunah bisa memperhatikan kondisi jemaah, jangan dipaksakan," sambungnya.

Dia menyinggung kegiatan seperti jalan-jalan, city tour, dan sejenisnya agar dibatasi karena melelahkan jemaah.

"Kita akan minta kepada seluruh petugas termasuk KBIHU agar pelayanan berorientasi pada kemampuan fisik jemaah," tegasnya.

Berdasarkan data Siskohat Kemenag, sampai hari ini tercatat ada 55 jemaah wafat. Sebanyak 27 jemaah wafat pada fase sebelum Armuzna, pada rentang 4 Juni sampai 7 Juli 2022. Sebanyak 16 jemaah wafat pada fase Armuzna, 8-12 Juli 2022. Dan 12 jemaah wafat pascaarmuzna, 13 Juli hingga hari ini.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus