Begini Kebiasaan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dari Pagi Hingga Tengah Malam

N Zaid - Nabi Muhammad Saw 25/11/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Setiap individu menjalani hidup sehari-hari dengan rutinitas yang berbeda-beda. Namun, bagi Muslim, ada rutinitas yang bisa diikuti selama 24 jam, yaitu kebiasaan yang dicontohkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang merupakan panutan kaum Muslimin memiliki kebiasaan ibadah dan hidup dari waktu ke waktu, dan dijalankan secara konsisten. 

Sunnah-sunnah ini bila dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, tentu akan membuat banyak faedah bagi seseorang. Kebiasaan nabi mengandung banyak hikmah. Kebiasaan dzikir misalnya, akan mendatangkan ketenangan bathin bagi yang mengamalkannya. Ada juga pelajaran yang dicontohkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika bermuamalah dalam keluarga. Beliau mencontohkan bahwa memperhatikan keluarga adalah aspek penting, sehingga Beliau senantiasa meluangkan waktu sekadar bercengkrama dengan keluarganya di waktu-waktu tertentu.

Masih banyak lagi pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Bagaimana rutinitasnya sehari-hari, berikut ringkasannya seperti dikutip dari Theislamicinformation

Pagi
Nabi shallallahu alaihi wa sallam bangun di waktu Fajar setelah tidur siang singkat setelah shalat Tahajjud malam yang panjang. Setelah shalat, Nabi shallallahu alaihi wa sallam akan membacakan Dzikir yang sesuai pada waktu tertentu dalam sehari. Seperti kita ketahui malaikat datang di waktu Fajar untuk membagikan harta sehingga kita harus berdoa dan tetap terjaga setelah Fajar.
‚Äč
Setelah Fajar dia tetap berada di masjid dan membicarakan permasalahan para sahabatnya. Beliau membagikan pandangannya dan menasihati mereka sesuai dengan permasalahan mereka.

Setelah Matahari Terbit
Setelah matahari terbit, dia kembali ke rumahnya membaca doa dan meminta makanan. Jika makanan tersedia, dia memakannya. Namun jika tidak maka dia berpuasa. Setelah dia mengunjungi keluarganya, dia kembali ke masjid dan shalat dua rakaat, dia duduk di masjid dan para sahabatnya berkumpul di sekelilingnya. Ini adalah waktu yang diketahui bagi semua orang di Madinah untuk datang dan menemui Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika mereka ingin menghabiskan waktu bersamanya atau menanyakan sesuatu kepadanya. Dia tidak pernah mengatakan tidak kepada siapa pun.

Siang
Siang harinya beliau berangkat ke masjid untuk shalat Zuhur. Jika hari Jumat, beliau merayakannya bersama para sahabatnya. Kemudian dia menyampaikan pidato tentang topik apa pun pada hari itu. Dan kemudian dia melakukan tugas rutinnya.

Sore
Beliau biasanya tidak makan sore. Menurut sumber yang diketahui, Beliau baru makan dua kali pagi dan sore. Jadi, dia pergi ke masjid untuk shalat Ashar. Beliau mengunjungi istri-istrinya setiap habis salat Zuhur dan menanyakan kabar mereka dan apa kebutuhan mereka.

Magrib
Dia menunggu matahari terbenam untuk Sholat Maghrib. Kemudian setelah salat, beliau gemar menghabiskan waktu bersama keluarganya dan bermalam di sana.

Malam
Nabi shallallahu alaihi wa sallam memimpin para sahabatnya dalam shalat malam. Setelah salat, ia kembali ke rumahnya untuk beristirahat dan tidur.

Larut malam
Kemudian setelah tidur sebentar, dia bangun dan beribadah kepada Allah dengan penuh tekad. Sebagaimana diriwayatkan oleh istrinya, Aisyah:

Jadi, ini adalah rutinitas sehari-hari Nabi kita shallallahu alaihi wa sallam. Oleh karena itu jika kita mengatur shalat dengan tugas sehari-hari maka Allah akan memberi kita kekuatan untuk mengatur rutinitas dan kehidupan sehari-hari.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus