Kocatepe, Masjid Ankara yang Butuh 20 Tahun Pembangunan

N Zaid - Masjid 25/12/2022
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase..id - Sebagai salah satu keajaiban budaya abad ke-20 dan simbol mencolok di kaki langit Ankara, Masjid Kocatepe adalah pemandangan yang luar biasa. Pembangunannya dimulai pada tahun 1967 dan membutuhkan waktu 20 tahun untuk menyelesaikannya. 

Kocatepe dapat menampung 24.000 jamaah besar dan mudah dikenali oleh empat menara yang mengelilingi kubah utama. Masing-masing berdiri setinggi 88 meter, menambah keindahan arsitektur masjid. Meski dibangun dalam beberapa tahun terakhir, Masjid Kocatepe merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Anda bahkan dapat menemukan pusat perbelanjaan dan supermarket di ruang bawah tanahnya: cerminan dari Turki modern.

Sebuah karya seni

Masjid Kocatepe terbuka untuk pengunjung yang ingin menjelajahi bangunan yang menakjubkan ini, selama mereka mematuhi dan menghormati berbagai aturan dan ritual. Meskipun dapat dilihat dari sebagian besar Ankara pada hari-hari dengan cuaca cerah, ada baiknya perjalanan untuk melihatnya dari dekat. Saat Anda berdiri di dekat pintu masuk utama, Anda akan segera terpesona oleh skala bangunannya. 

Begitu masuk, Anda dapat melihat banyak jendela kaca patri dan ornamen rumit yang menutupi dinding dan atap. Empat kolom besar menopang kubah utama dari dalam dan Anda akan kesulitan untuk tidak merasakan penghormatan terhadap besarnya struktur.

Menurut denah baru yang menganut bentuk tradisional ini, masjid memperlihatkan skema yang terdiri dari kubah tengah dan empat semi kubah yang bertumpu pada empat kaki. Hanya konstruksi kasar masjid yang selesai pada tahun 1981 dengan bantuan negara dan sumbangan dari masyarakat.  Masjid  diresmikan pada 28 Agustus 1987 oleh Perdana Menteri Turgut Özal saat itu.

Masjid Kocatepe, yang dibangun dengan megah di atas platform tinggi, memiliki ruang konferensi, perpustakaan, toko gasil, tempat parkir, pusat komersial besar, dan departemen administrasi di bagian bawah. Tinggi bagian dalam masjid yang berbentuk bujur sangkar adalah 44,85 meter, dan ukuran pelataran berkubah dua puluh enam adalah 57×38 meter. Mahfilnya disusun dalam dua lantai dan dihubungkan ke lantai masjid dengan enam anak tangga.

Setelah kunjungan ke masjid Anda dapat berjalan-jalan di daerah sekitarnya, di mana terdapat beberapa kafe dan restoran tradisional Turki untuk Anda makan sambil memproses petualangan hari itu.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus