Nenek Kembar Naik Haji di Usia 60 Tahun, Berdoa agar Dapat Jodoh

Medcom.id - Haji 22/06/2022
Mariano Dalimunthe dan Mariana Dalimunthe, dua nenek kembar berusia 60 tahun pergi haji 2022 untuk dapat jodoh (Foto: Media Center Haji 2022)
Mariano Dalimunthe dan Mariana Dalimunthe, dua nenek kembar berusia 60 tahun pergi haji 2022 untuk dapat jodoh (Foto: Media Center Haji 2022)

Oase.id - Selain menunaikan rukun Islam yang ke lima, ibadah haji menjadi sarana para jemaah untuk memanjatkan doa. Salah satu doa yang kerap dipanjatkan jemaah adalah bertambahnya rezeki dan juga mendapatkan jodoh.

Hal ini terjadi pada Mariano Dalimunthe dan Mariana Dalimunthe, dua nenek kembar yang berusia 60 tahun yang baru tiba di King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah, Arab Saudi, pada Selasa, 21 Juni 2022, pukul 14.10 Waktu Arab Saudi.

Dua jemaah calon haji (JCH) asal kloter 10 embarkasi Medan, Sumatra Utara (KNO) itu kini sedang menjadi sorotan. Pasalnya, di usia yang sudah "senja" mereka belum dapat jodoh atau pasangan.

"Belum kawin, belum punya suami, masih gadis kami," ujar Mariano yang sehari-hari bekerja sebagai petani perkebunan karet di Desa Sipaho, saat ditanya soal suami.

"Semoga ketika pulang dari Tanah Suci, ada jodoh buat saya. Saya mau kawin. Pertama doa minta jodoh, kedua minta rezeki," ujar Mariano diamini oleh Mariana, adiknya, ketika ditemui tim Media Center Haji 2022 di Plaza D3, Selasa, 21 Juni 2022.

Perjuangan untuk bisa pergi Haji

Nenek Mariano dan Mariana telah menunggu 11 tahun sejak mendaftarkan diri pada 2011 silam. Keinginannya untuk bisa pergi haji bersama kembarannya menjadi impian di sepanjang usia.
 
"Saya mendaftar sejak 11 tahun lalu, 2011, baru sekarang bisa berangkat (naik haji)," ujar Mariano.

Selama 11 tahun, keduanya menabung Rp200 ribu per minggu hingga akhirnya terkumpul dan bisa disetor sebagai biaya naik haji. Uang tersebut berasal dari upah 'menderes' karet.

Sejatinya, dua nenek kembar ini dijadwalkan menunaikan ibadah haji pada tahun 2020. Namun, karena saat itu pelaksanaan ibadah haji dibatalkan karena pandemi Covid-19, nenek Mariano dan Mariana baru bisa menunaikan ibadah haji pada tahun 2022. 

Artikel ini telah tayang di Medcom.id dengan judul: Kisah Nenek Kembar 'Mencari' Suami saat Berhaji


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus