Masjid Barbarossa Pasha Akan Dihiasi Motif Tatahan Mutiara Turki

N Zaid - Turki 19/03/2023
Foto: Dailysabah
Foto: Dailysabah

Oase.id - Masjid di Levent Istanbul dinamai Hayreddin Barbarossa Pasha, akan menerima motif kompas dan selubung Alquran berukir mutiara, ukiran pintu dengan gaya berbeda, mimbar, daun jendela dan mimbar.

Hayreddin Barbossa adalah nama penting dalam sejarah angkatan laut Turki dan kepala laksamana ke-25 Kekaisaran Ottoman.

Hilmi Emekli, master kerajinan tatahan mutiara, yang menghasilkan karya khusus untuk masjid mengatakan, "Sebagai tim beranggotakan 30 orang, kami menyelesaikan seni mutiara pada elemen bergerak masjid seperti pintu, daun jendela, mimbar, dan kandang Alquran dalam 1,5 tahun," di lingkungan Levent distrik Besiktas, pusat komersial Istanbul, Türkiye, 3 Februari 2022.

"Kami mencoba mengingat komandan yang memasang segel Turki di Mediterania dengan cara terbaik," katanya.

Emekli menjelaskan bahwa Barbarossa adalah seorang pejuang dan komandan pemberani dan heroik yang meninggalkan jejaknya pada abad ke-16 mengubah Mediterania menjadi laut Turki selama periode Ottoman.

"Al-Qur'an adalah resep yang dikirim oleh Allah untuk membantu orang menemukan arah dan menemukan kedamaian. Untuk menunjukkan panduan ini, kami telah mengukir kompas di keempat sisi selubung Al-Qur'an," kata Emekli.

Sang master menjelaskan konsep artistiknya. “Kami mencoba mengingat seorang komandan yang memasang cap Turki di Mediterania dengan cara terbaik. Itu harus luar biasa. Kami juga melihat ini dalam karya para arsitek."

“Terima kasih kepada arsitek kami, karya yang dihasilkan memberi Anda rasa ketenangan. Seolah-olah Anda sedang mengambang di laut saat memasuki masjid. Didesain dengan sangat hati-hati, mulai dari kubahnya hingga iluminasinya, kacanya, polanya , sampai motifnya," kata Emekli.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus