Wanita Menari di Depan Kakbah Picu Kemarahan

N Zaid - Haji 30/06/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Sebuah video yang viral yang memperlihatkan wanita menari di depan Kakbah dan di dalam Masjid al-Haram al-Haram.

Seorang wanita berburka dan berhijab terlihat dalam klip viral itu menari di depan Ka'bah suci, sementara di belakangnya, sejumlah besar jamaah sedang melakukan Tawaf (berkeliling mengelilingi Kakbah).

Video-video perempuan yang menari di ruang suci itu telah menimbulkan keprihatinan serius terhadap situasi tersebut.

Identitas wanita ini belum diketahui dan belum ada tindakan yang diambil terhadapnya. Sementara beberapa pengguna media sosial menyatakan bahwa dia berasal dari Nigeria barat daya.

Wanita lainnya terlihat membuat video TikTok di dalam lingkungan Masjid al-Haram al-Haram. Musik keras terdengar di video. Wanita ini dikenal sebagai orang terkenal di media sosial.

Video-video itu dinilai tidak pada tempatnya. Umat ​​Islam di seluruh dunia pun menunjukkan kritik mereka terhadap pelaku di sejumlah video itu.

Meski tempat suci seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dijaga ketat askar, namun ada saja orang yang tak bisa membendung keinginannya untuk membuat konten yang akan mereka bagikan di media sosial. Beberapa waktu lalu, video yang viral juga menunjukkan sejumlah wanita ditegur dan diusir petugas keamanan karena berkelompok dan berjoget-joget.

Tahun lalu, TikToker Indonesia Athalia Aubry yang berangkat haji juga berbuat ulah dengan joget-joget di Makkah. Hal ini disayangkan karena menodai kesucian kota itu dan ibadah haji yang seharusnya dilalui dengan khidmat. Terlebih banyak orang yang harus antri belasan tahun, bahkan lansia, untuk dapat beribadah haji.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus