Bisa Menghambat Rezeki, Ini 3 Kebiasaan yang Harus Kita Hindari

Octri Amelia Suryani - Rezeki Hukum Islam 09/11/2021
Tidur pagi bisa menghambat rezeki (Gambar oleh LUM3N dari Pixabay)
Tidur pagi bisa menghambat rezeki (Gambar oleh LUM3N dari Pixabay)

Oase.id - Setiap orang memimpikan agar diberi rezeki berlimpah. Lebih-lebih untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera. Namun, tanpa disadari, ada kebiasan-kebiasan yang kita lakukan, bisa menghambat rezeki.

Memang, rezeki sudah dijamin oleh Allah kepada setiap umatnya. Tidak bakal ada yang tertukar. Namun demikian, kita tidak lantas diam. Harus ada usaha untuk menggapai rezeki tersebut.

Terkadang, ada yang merasa sulit mendapat rezeki. Sudah berusaha, tetapi selalu merasa gagal. Hal ini bisa saja ujian dari Allah. Bisa juga hukuman karena tanpa disadari kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik sehingga menghambat datangnya rezeki.

BACA: Inilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Quran yang Tidak Terduga

Dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Imam az-Zarnuji disebutkan beberapa kebiasaan yang bisa jadi penghambat pintu rezeki. Sehingga ,kebiasaan tersebut harus segera dihentikan atau paling tidak dikurangi.

3 Kebiasaan yang Bisa Menghambat Rezeki:

1. Tidur pagi

Tak sedikit orang yang tidur di pagi hari. Yaitu, tidur lagi usai mendirikan salat subuh. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka dianggap dapat mengurangi jalannya pintu rezeki.

Untuk menghindarinya, bisa melakukan banyak aktivitas pagi usai subuh. Bisa berzikir dan membaca doa. Bisa juga menjalankan aktivitas pagi lainnya seperti olahraga.

2. Makan dalam keadaan junub

Makan dalam keadaan tidak suci (junub) menjadi salah satu penghambat rezeki. Jika dalam keadaan junub, sebaiknya bersuci atau mandi terlebih. Baru kemudian makan.

Dalam Islam, makanan adalah rezeki dari Allah SWT. Untuk menyambut rezeki tersebut sebaiknya tidak dilakukan dalam keadaan hadas.

BACA JUGA: 3 Amalan Pembuka Rezeki yang Dianjurkan Nabi Muhammad

3. Membiarkan sampah berserakan

Ternyata, kebiasaan sering membiarkan rumah dalam keadaan kotor juga dapat menghambat rezeki. Hal ini sering tidak disadari. Untuk itu, sering-seringlah membuang sampah agar rumah selalu bersih. 
Jika banyak sampah berserakan dan kotor, bisa jadi itu merupakan penghambat rezeki yang akan datang ke rumah.

Nah, jika kalian masih sering melakukan tiga kebiasaan ini, yuk mulai sekarang kita hentikan atau paling tidak dikurangi. Dengan demikian, semoga Allah Swt memperlancar jalan rezeki kita. Aamiin YRA.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus