Siswa Dari 10 Negara Menjelajahi Warisan Turki-Islam di Konya

N Zaid - Turki 18/07/2024
Foto: Dailysabah
Foto: Dailysabah

Oase.id - Sebanyak 130 siswa dari 10 negara mengunjungi Konya untuk memahami filosofi sema berputar melalui kegiatan budaya dan seni. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Human and Irfan Foundation.

Siswa dari negara-negara termasuk Kanada, Norwegia, Amerika Serikat dan Australia mengunjungi situs bersejarah di Istanbul dan Konya, mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dekat peradaban Islam Turki.

Siswa yang menerima pendidikan formal mengalami “memutar roda” (gerakan saat sema dimana seseorang memutar dari kanan ke kiri tanpa mengangkat kaki kanan, bersandar pada kaki kiri) di Workshop Sema Pusat Penelitian dan Kebudayaan Peradaban Hikmah (IRFA) di Konya sebagai bagian dari program.

Pada Lokakarya Seni Tradisional, siswa mengikuti kegiatan termasuk pelajaran tentang "Adab-ı Muaşeret" (kesopanan), "Meali Sema" (sema interpretatif), dan "Meşk" (latihan).

Menjelaskan filosofi sema kepada mahasiswa asing
Presiden dewan pengawas Yayasan Manusia dan Kebijaksanaan dan Postnişin dari Komunitas Meşk Sufi Wisdom Square Istanbul, Fatih Çıtlak, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa mereka menerima siswa yang menerima pendidikan formal dari negara mereka untuk program 25 hari.

Çıtlak menekankan bahwa para siswa sukses ini datang ke Konya setelah Istanbul untuk mendapatkan wawasan tentang peradaban Islam Turki.

“Kami berkata, 'Mari kita bawa anak-anak ini ke tempat di mana Seljuk dan Ottoman selaras, yang telah berkontribusi pada perkembangan spiritual peradaban dengan cara yang paling indah.' Anak-anak ini tidak akan menjadi darwis dalam satu jam, tapi kami jelaskan disiplin sema. Seorang manusia terdiri dari hati, jiwa, ego dan pikiran pikiran di satu tempat.'"

Ditambahkannya: “Sebenarnya ini yang dibutuhkan masyarakat kita. Di bengkel keramik, mereka akan pulang ke negara masing-masing dengan karya yang sudah jadi, tujuan pembuatan keramik bukan untuk menciptakan sebuah karya seni, tapi untuk menyatukan manusia menjadi satu. Orang yang tidak bisa menyatukan jiwa, raga, dan pikirannya tidak akan pernah bisa terdidik, tidak bisa membedakan yang benar dan yang salah, kita bertindak dengan filosofi ini, kita mencoba menyampaikannya kepada teman-teman kita dengan ilmu dan apa yang kita lihat.

Çıtlak menyatakan bahwa para siswa terkesan dengan program tersebut, dengan menyatakan: “Ketika saya melihat anak-anak ini pada hari pertama mereka datang ke Istanbul dan seminggu kemudian, mereka sangat berbeda, karena mereka tahu cara mendengarkan, kami melayani dengan 45 sukarelawan tanpa mengharapkan bayaran apa pun, hal ini akan membangun ikatan budaya dan peradaban yang sangat penting dengan negara kami, guru mereka berkata: 'Kami datang ke sini untuk melihat cinta Anda karena bangsa Turki memiliki cinta yang unik. Jika kita menyajikannya, betapa bahagianya kita?"

Mahasiswa Amerika berusia enam belas tahun, Ameer Perkins, menyatakan bahwa dia mengalami "memutar roda" di bengkel sema, dengan mengatakan: "Saya belum pernah melihat ritual sema sebelumnya. Saya pikir akan lebih baik jika saya bisa bekerja lebih lama. Itu pertama kalinya saya di Türkiye. Program ini sangat penuh dan berjalan dengan baik."(dailysabah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus