4 Kunci Mendapatkan Haji Mabrur

Medcom.id - Haji Haji Mabrur 28/06/2022
Ibadah Haji (Gambar oleh Abdullah Shakoor dari Pixabay)
Ibadah Haji (Gambar oleh Abdullah Shakoor dari Pixabay)

Oase.id - Label "Mabrur" menjadi salah satu harapan para jemaah saat menunaikan rukun Islam ke-5 yakni ibadah haji. Dalam kamus Arab-Indonesia, mabrur adalah sebutan bagi orang dengan pahala ibadah haji yang diterima oleh Allah Swt.

Mabrur berasal dari bahasa Arab 'barra-yaburru-barran', artinya taat dan berbakti. Inilah yang diidamkan para jemaah, di saat atau nanti setelah menjalani ibadah haji.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan haji yang mabrur? Konsultan Bimbingan Ibadah (Bimbad) Haji Sektor 4, Nur Achmad menyebutkan ada empat kunci bagi seseorang untuk bisa meraih kemabruran haji.

4 Kunci agar mendapatkan haji mabrur:

  1. Niat yang ikhlas
  2. Biaya yang halal
  3. Menjalani semua rukun wajib dan sunah dalam haji
  4. Menjaga diri atau menjauhi kemaksiatan

Sosok yang karib disapa Cak Mad itu menjelaskan segenap perbuatan yang termasuk larangan saat berhaji adalah rofats atau mengumbar kata-kata kotor. Kemudian, fusuq (perilaku tidak baik) dan jidal (berdebat dan berkelahi).

"Intinya menjaga kebersihan hati, perkataan, dan perilaku," kata dia.

Cak Mad mengatakan bimbingan ibadah haji ini bagian fasilitas yang diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) demi menguatkan semangat dan tujuan jemaah di Tanah Suci. 

"Visitasi dan edukasi juga berisi informasi tentang tiga layanan jemaah haji, yakni akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Lalu ada pula imbauan tiga bekal pendukung utama berupa keamanan (diri, barang, dan lingkungan), kesehatan, dan bekal teknis" ungkap dia.

Edukasi jemaah dilakukan tim konsultan dari Bimbad dan juga tim kesehatan. Menurut Cak Mad, bimbingan juga dilakukan untuk menambal pengetahuan yang tidak sempat didapat jemaah selama manasik haji.

"Sehingga bimbingan dan edukasi ini menjadi penting," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Medcom.id dengan judul: 4 Kunci Haji Mabrur


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus