4 Tips Agar Bisa Menjaga Salat Tahajjud

N Zaid - Salat Witir 17/09/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Tahajjud merupakan shalat yang sangat dicintai Allah subhanahu wa ta'ala. Kedudukan salat tahajjud sangat tinggi dibanding salat sunnah lainnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Kemudian juga keutamaan tahajjud digambarkan oleh hadits-hadits berikut:

Dari Abdullah bin Salam radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wahai manusia! Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat), berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), shalatlah di waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur, tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Tirmidzi no. 2485 dan Ibnu Majah no. 1334. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 569 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari no. 6321 dan Muslim no. 758). 

Dengan berbagai keutamaan itu seorang hamba dianjurkan untuk senantiasa bangun di sepertiga malam untuk salat tahajjud. Namun, tentu amalan ini perlu diperjuangkan karena waktunya bertepatan dengan jam biologis manusia untuk terlelap. 

Berikut tips-tipsnya agar menjaga salat tahajjud.

1. Tidur Lebih Awal
Tempatkan pengingat di ponsel Anda. Jangan tergoda untuk begadang hingga larut malam. Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits yang disebutkan dalam At-Tabarani bahwa

“Tahajjud adalah shalat setelah tidur”.

2. Tidur Siang
Tidur siang di sore hari baik untuk kesehatan di iklim hangat karena terlalu panas untuk berada di luar ruangan. Panasnya melemahkan dan ada baiknya untuk beristirahat dengan baik di malam hari karena membantu menenangkan pikiran;

Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda dalam hadits yang disebutkan dalam At-Tabarani bahwa “Tidurlah di sore hari karena setan tidak tidur”.

3. Pasang Alarm atau Suruh Seseorang Membangunkan Anda Atau Menelepon Anda Pada Waktu Tahajud

Sebagaimana terjemahan ayat nomor 2 Surat al Maidah dalam Al-Quran menyatakan saling membantu dalam mendapatkan jalan yang benar, dan jalan yang benar itu memang jalan Allah.

4. Bangun Rutinitas
Mula-mula salatnya seminggu sekali, lalu dua kali, lalu tiga kali seminggu hingga menjadi kebiasaan.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus