10 Alasan Mengapa Türkiye Menjadi Tujuan Utama Para Digital Nomad

N Zaid - Travel Turki 28/04/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Türkiye baru-baru ini mengumumkan penawaran visa nomaden digital baru, yang memungkinkan mereka yang bekerja jarak jauh di berbagai negara untuk dapat tinggal lebih lama di Türkiye. Ini adalah skema yang baru diumumkan yang bertujuan menjadikan Türkiye sebagai tujuan para pengembara digital.

Namun sayangnya, bagi orang yang berasal dari Indonesia, kesempatan ini belum terbuka. Pasalnya, mereka yang melamar harus berasal dari daftar negara yang mencakup sebagian besar negara Uni Eropa (UE) serta Amerika Serikat dan Kanada dan berusia antara 21 dan 55 tahun. Pelamar juga harus dapat membuktikan pekerjaan mereka dan menunjukkan dokumen yang menunjukkan mereka menghasilkan setidaknya US$3,000 (Rp49 juta) sebulan. Permohonan dibuat melalui situs web GoTürkiye dan visa dikeluarkan oleh konsulat Turki.

Hidup di Türkiye sebagai digital nomad menawarkan perpaduan unik antara budaya, keterjangkauan, modernitas, dan keindahan alam, menjadikannya lokasi yang ideal untuk dijadikan basis.

Inilah alasan mengapa Türkiye menjadi tujuan menarik bagi para digital nomad:

Keterjangkauan
Türkiye menawarkan biaya hidup yang lebih rendah dibandingkan banyak negara Barat, terutama di kota-kota seperti Istanbul, Ankara atau Izmir. Akomodasi, makanan, dan transportasi umumnya lebih terjangkau, sehingga memungkinkan para digital nomad untuk lebih meningkatkan anggaran mereka. Meskipun relatif lebih terjangkau, semua fasilitas ini juga merupakan yang terbaik di Türkiye, yang berarti Anda dapat menikmati beberapa opsi terbaik yang tersedia tanpa mengeluarkan uang seperti di negara-negara Barat lainnya.

Budaya dan sejarah yang kaya
Türkiye membanggakan warisan budaya yang kaya, dengan reruntuhan kuno, arsitektur yang menakjubkan, dan beragam masakan. Dari menjelajahi jalan-jalan bersejarah di Istanbul hingga mengunjungi lanskap dunia lain di Cappadocia, ada serangkaian pengalaman yang memperkaya pengalaman menginap jangka panjang. Dari menyimpan situs-situs kuno milik peradaban tertua di dunia, serta beberapa situs keagamaan paling penting dan keajaiban alam, Türkiye adalah negara yang bagus untuk mencoret sejumlah item daftar keinginan, termasuk balon udara panas di Cappadocia, paralayang, yachting, scuba diving dan masih banyak lagi.

Infrastruktur modern

Kota-kota besar di Türkiye memiliki fasilitas dan infrastruktur modern, termasuk koneksi internet yang andal dan ruang kerja bersama, sehingga kondusif untuk pekerjaan jarak jauh. Istanbul, khususnya, memiliki kancah startup yang sedang berkembang dan semakin banyak kafe dan ruang kerja digital nomad yang ramah. Demikian pula dan dengan harga yang lebih terjangkau, Ankara dan Izmir adalah kota-kota yang juga memiliki kafe yang kondusif untuk bekerja jarak jauh serta kehidupan sosial dan malam yang aktif. Kecuali di desa-desa terpencil, internet tersedia dengan mudah di kota-kota liburan di selatan, yang juga memiliki budaya kafe yang sudah mapan.

Lokasi yang indah
Türkiye diberkati dengan bentang alam yang beragam, termasuk pantai-pantai indah di sepanjang pantai Mediterania dan Aegea, air terjun dan pegunungan yang indah di wilayah seperti Antalya dan Trabzon, serta keajaiban alam yang menakjubkan seperti sumber air panas Pamukkale dan cerobong peri di Cappadocia. Tempat-tempat indah ini memberikan banyak kesempatan untuk relaksasi dan petualangan.

Keramahan yang hangat
Masyarakat Turki dikenal dengan keramahannya terhadap pengunjung, terutama orang asing. Sebagai digital nomad, Anda akan diterima di komunitas lokal dan berkesempatan menjalin hubungan bermakna dengan penduduk lokal dan sesama wisatawan.

Kemudahan perjalanan
Lokasi Türkiye di persimpangan Eropa dan Asia menjadikannya basis yang nyaman untuk menjelajahi negara-negara tetangga di kawasan. Dengan bandara yang terhubung dengan baik dan penerbangan domestik yang terjangkau, Anda dapat dengan mudah berpindah ke destinasi terdekat selama berada di Türkiye. Atau, naik kapal feri singkat ke Yunani pada hari itu, yang merupakan pilihan dari kota-kota termasuk Ayvalık, Çeşme, Bodrum dan Marmaris, yang memiliki feri dan beberapa yang mengangkut kendaraan yang melayani Kepulauan Lesvos, Chios, Kos, dan Rhodes di Yunani, masing-masing.

Komunitas ekspatriat yang beragam
Türkiye menarik ekspatriat dan pengembara digital dari seluruh dunia, sehingga menciptakan komunitas yang dinamis dan beragam. Hal ini dapat memberikan peluang untuk membangun jaringan, kolaborasi, dan pertukaran budaya. InterNations dan organisasi ekspatriat lainnya serta grup media sosial secara rutin merencanakan pertemuan agar orang asing dapat terhubung.

Masakan
Masakan Turki, yang berpusat pada pola makan Mediterania, dipuji sebagai masakan tersehat di planet ini. Mulai dari kebab dan meze yang menggugah selera hingga manisan lezat seperti baklava dan kenikmatan Turki serta budaya jajanan kaki lima yang penuh warna, pecinta kuliner akan menemukan diri mereka di surga kuliner. Menjelajahi para petani lokal, kedai jajanan kaki lima, dan restoran tradisional bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi para digital nomad yang ingin mencicipi cita rasa dan bahan-bahan baru. Sementara itu, ada juga beragam masakan yang dipamerkan di Türkiye, yang berarti Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan makanan yang menenangkan, seperti pizza, burger, dan sarapan ala Inggris, yang mungkin terlewatkan oleh sebagian orang dari rumah.

Kesehatan
Türkiye menawarkan layanan kesehatan berkualitas dengan biaya lebih murah dibandingkan banyak negara Barat. Kota-kota besar memiliki rumah sakit dan klinik modern dengan staf berbahasa Inggris dan asuransi kesehatan swasta terjangkau bagi ekspatriat dan nomaden digital. Akses terhadap layanan kesehatan yang andal dapat memberikan ketenangan pikiran bagi mereka yang tinggal dan bekerja dari jarak jauh di Türkiye.

Iklim
Türkiye benar-benar menikmati empat musim dalam setahun, dengan musim panas yang terik dan musim dingin yang sejuk di sebagian besar wilayah. Di sepanjang pesisir Mediterania dan Aegea, musim panas merupakan waktu yang sempurna untuk aktivitas pantai dan petualangan luar ruangan. Daerah pedalaman menawarkan suhu yang lebih sejuk, menjadikannya ideal untuk menjelajahi situs bersejarah dan pemandangan alam sepanjang tahun. Keberagaman iklim ini memungkinkan para digital nomad untuk memilih cuaca yang sesuai dengan preferensi dan aktivitas mereka.

Faktor-faktor tambahan ini berkontribusi pada daya tarik Türkiye secara keseluruhan sebagai tujuan bagi para pengembara digital, yang menawarkan pengalaman menyeluruh yang menggabungkan pekerjaan, rekreasi, dan perendaman budaya.

Secara keseluruhan, kombinasi keterjangkauan, budaya, keindahan alam, dan fasilitas modern di Türkiye menjadikannya tujuan yang menarik bagi para digital nomad yang mencari petualangan dan kenyamanan dalam gaya hidup kerja jarak jauh mereka. Dengan budaya yang dipuji karena keramahtamahannya, mudah untuk mendapatkan teman dan menjalin hubungan sosial di sini. 

Türkiye juga selalu memiliki budaya kafe yang tinggi, yang berarti bahwa kafe dan tempat coworking semuanya terkemuka dan bekerja di sana benar-benar dapat diterima dan diharapkan. Dari pesisir selatan, yang menawarkan gaya hidup santai dan berpusat pada pantai, hingga kota-kota, yang merupakan lambang modernitas namun tetap menyimpan pesona lokal, terdapat banyak jenis gaya hidup, pilihan akomodasi, dan kawasan yang berbeda untuk memenuhi selera siapa pun.(dailysabah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus