Wajib Diketahui, 8 Tanda-Tanda Kiamat Kubra Menurut Islam

Octri Amelia Suryani - Kiamat Kiamat kubra Tanda-tanda kiamat 02/08/2021
Tanda-tanda kiamat (Gambar oleh intographics dari Pixabay)
Tanda-tanda kiamat (Gambar oleh intographics dari Pixabay)

Oase.id - Umat Islam meyakini bahwa kiamat adalah bagian dari rukun iman. Dan suatu saat pasti akan terjadi. Kapan terjadinya hari kiamat dan bagaimana kejadiannya kita tidak ada yang tahu. Melainkan hanya sebatas gambaran yang diberikan oleh Allah.

Gambaran tersebut terdapat dalam firman-Nya yang berbunyi:

ٱلْقَارِعَةُ. مَا ٱلْقَارِعَةُ. وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْقَارِعَةُ. يَوْمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلْفَرَاشِ ٱلْمَبْثُوثِ. وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ

Artinya: "Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (QS. Al-Qari`ah: 1-5)

Selain itu, gambaran hari kiamat juga disebutkan dalam QS. Al-Zalzalah ayat 1-8 yang berbunyi:

إِذَا زُلْزِلَتِ ٱلْأَرْضُ زِلْزَالَهَا. وَأَخْرَجَتِ ٱلْأَرْضُ أَثْقَالَهَا. وَقَالَ ٱلْإِنسَٰنُ مَا لَهَا. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا. بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا. يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ ٱلنَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا۟ أَعْمَٰلَهُمْ. فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ. وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

Artinya: "Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: 'Mengapa bumi (menjadi begini)?', pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula."

Selain dua surah di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang membahas tentang hari kiamat. Tapi pada pembahasan ini Oase.id akan menjelaskan tentang tanda-tanda yang muncul ketika datangnya hari kiamat.

Sesuai dengan sebuah hadist dari Huzaifah bin Asid Al-Ghifari RA berkata:

"Datang kepada kami Rasulullah ﷺ dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?” Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari kiamat.” Lalu Nabi ﷺ bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”.

Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap, Dajjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka.” (HR. Muslim)

Semua yang ada di dunia, tidak ada yang abadi. Begitu juga dengan alam semesta, akan kembali kepada yang punya, yaitu Allah Yang Maha Besar. Untuk diketahui, berikut 8 tanda-tanda kiamat besar (kubra) menurut Islam:

1. Asap (Dukhan)
Tanda-tanda kiamat besar yang pertama munculnya asap atau dukhan yang akan mengakibatkan penyakit seperti flu di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2. Kemunculan Dajjal
Kedua munculnya Dajjal yang diceritakan hanya memiliki satu mata dengan mata sebelah kanan buta. Dalam ceritanya dajjal membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan sehingga banyak orang yang akan mendengar seruannya.

3. Binatang Besar
Dalam ayat Al-Quran mengatakan akan ada binatang besar yang hadir di bumi untuk menunjukkan kekuasaan Allah.

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami.” (QS. An Naml: 82)

4. Matahari Muncul dari Barat
Tanda yang selanjutnya matahari muncul dari arah matahari terbenam.

5. Turunnya Nabi Isa
Saat hari kiamat besar terjadi Nabi Isa diturunkan kembali ke bumi untuk membunuh Dajjal. Dalam surat Ali Imran ayat 55 mengatakan bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit.

6. Ya’juj dan Ma’juj
Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka memiliki kekuatan untuk merusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. Mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

7. Tiga Penenggelaman Bumi
Pada hari kiamat akan terjadi penenggelaman daratan di muka bumi yang meliputi bumi bagian barat, timur serta jazirah Arab

8. Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia
Kiamat akan terjadi ketika api keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Syam. Sesuai dengan hadis berikut ini:

“Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher unta daerah Bushra.” (HR. Bukhari & Muslim)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus