Tips Agar Wajah Selalu Tampak Bercahaya Menurut Islam

Octri Amelia Suryani - Tips Kecantikan Hukum Islam Al-Quran Wudu 09/11/2021
Perempuan muslim (Gambar oleh Pezibear dari Pixabay)
Perempuan muslim (Gambar oleh Pezibear dari Pixabay)

Oase.id - Memiliki wajah yang tampak bercahaya, cerah, bersih, segar, tentu menjadi dambaan semua orang, baik itu laki-laki maupun wanita. Nah, dalam Islam ada juga anjuran yang bisa kita lakukan agar wajah senantiasa bercahaya.

Allah Swt menciptakan manusia dengan begitu sempurna. Namun, tak sedikir dari kita masih merasa kurang. Kita masih merasa kurang cantik atau tampan, sehingga terkadang melakukan cara yang tidak benar menurut Islam.

Sebenarnya, ketampanan atau kecantikan wanita dalam Islam tidak dilihat dari wajah mulus tanpa jerawat. Namun, dilihat dari wajahnya yang tampak bercahaya.

Berikut, Oase.id merangkum tips agar wajah bercahaya menurut Islam:

1. Wudhu

Tips pertama ini ialah senantiasa berwudhu. Pasalnya, berwudhu dalam Islam memiliki banyak keutamaan. Salah satunya, untuk membuat wajah bercahaya.

Berwudhu dalam Islam dilakukan untuk menghilangkan najis ringan. Ketika berwudhu, terdapat gerakan membasuh muka. Gerakan itu dapat menghilangkan kotoran yang ada pada wajah. Sehingga, dapat membersihkan dan mencerahkan wajah.

BACA: Bisa Menghambat Rezeki, Ini 3 Kebiasaan yang Harus Kita Hindari

2. Salat

Mendirikan salat dapat mencegah dari perbuatan munkar. Dengan menjalankan salat, maka dapat membuat hati merasa lebih tenang.

Dalam Islam, salat memang merupakan kewajiban. Selain itu, keutamaannya memang sangat banyak. Salat juga dapat membuat wajah bercahaya. Sebab, ketika hendak mendirikan salah, terlebih dahulu melakukan wudhu.

3. Salat Malam

Selain salat wajib lima waktu, di dalam Islam terdapat juga salat sunah. Seperti salat dhuha, shalat malam dan lainya. Orang yang rajin menjalankan salat, terutama salat malam (tahajjud), maka wajahnya akan cerah dan indah.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad, “Barang siapa yang banyak menunaikan salat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR. Ibnu Majah)

4. Berbuat Baik

Senantiasa berbuat baik akan berdampak baik pula. Salah satunya dapat membuat wajah menjadi bercahaya.

Kita tahu bahwa orang yang senang melakukan kebaikan, hatinya pun akan senantiasa tenteram. Ia akan sering tersenyum dengan tulus. Selain itu, kebaikan akan terpancar pada wajahnya.

5. Perbanyak Baca Al-Quran

Orang yang banyak membaca Al-Quran akan mendapat syafaat (perlindungan) pada hari akhir nanti. Dalam Islam, orang yang senantiasa membaca Al-Quran akan selalu merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hati dan pikirannya. Hal tersebut akan terpancar pada wajahnya, sehingga tampak selalu bercahaya.

BACA JUGA: Muslim Wajib Tahu! Ini Kriteria Makanan dan Minuman yang Diharamkan

6. Banyak Senyum

Senyuman adalah salah satu kecantikan alami. Manfaatnya sangat luar biasa. Orang yang sering tersenyum, wajahnya akan terlihat cerah. Hal ini tentu berbeda dengan orang yang jarang tersenyum. Sebagaimana kita ketahui juga bahwa sebaik-baiknya riasan wajah adalah senyuman.

7. Puasa Sunah

Puasa dijalankan untuk mendapatkan pahala dan ridha Allah SWT. Selain itu, puasa dapat membuat wajah bercahaya. Sebab, puasa merupakan suatu kebaikan yang disenangi oleh Yang Maha Kuasa.

8. Atur Pola Makan

Asupan makanan dan gizi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Asupan makanan juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Jika mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin yang dapat menyehatkan kulit, maka insya’allah kulit akan sehat dan wajah tampak cerah bercahaya.

9. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebanyak 46% kulit terdiri dari air. Diperlukan air untuk menjaga kelembapan kulit untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kulit agar tidak terlihat kusam.

10. Merawat Wajah Secara Rutin dan Halal

Secara rutin melakukan perawatan wajah menjadikan wajah lebih bercahaya. Namun, sangat dianjurkan dalam perawatan menggunakan produk yang halal dan menggunakan cara yang halal menurut Islam.

Dalam Islam tidak ada larangan untuk mempercantik diri. Namun, cantik dalam Islam bukanlah dinilai dari fisiknya. Perlu ditekankan juga bahwa wajah bercahaya dimata Allah adalah mereka yang rajin beribadah dan senantiasa taat kepada-Nya.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus